Nggak Usah Ngaku-Ngaku, Kenali Tipe-Tipe Introvert Sebelum Kamu Malah Dibully!

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 5 Juni 2020 19:40
Nggak Usah Ngaku-Ngaku, Kenali Tipe-Tipe Introvert Sebelum Kamu Malah Dibully!
Belakangan banyak orang ngaku introvert tanpa tau apa itu sebenarnya introvert. Cari tau jenisnya yuk!

"Aku nggak suka keramaian, kayaknya aku introvert deh."

"Maaf aku pendiam soalnya aku introvert."

"Kamu kok deket-deket aku, sana agak jauh, aku introvert."

Belakangan, banyak orang yang mengaku dirinya introvert. Mereka yang introvert digambarkan sebagai sosok pendiam, tidak suka keramaian, dan misterius. Sebenernya, apa sih introvert itu?

1 dari 10 halaman

Dilansir dari verywellmind.com, introvert adalah salah satu jenis kepribadian yang lebih fokus pada perasaan di dalam diri ketimbang stimulan yang ada di luar dirinya.

Menjadi introvert nggak selalu berarti kamu adalah orang pemalu, pendiam, atau penuh dengan anxiety. Introvert lebih mengacu pada bagaimana caramu me-recharge energi.

Ekstrovert mengisi energinya dengan bertemu orang banyak, sementara introvert akan lebih memilih untuk sibuk dengan dirinya sendiri saat merasa perlu beristirahat. Bukan berarti introvert adalah seorang antisosial.

Untuk lebih mengenalinya, ada beberapa tipe introvert yang bisa kamu kenali. Tipe-tipe introvert ini mengacu pada Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

2 dari 10 halaman

INFP

Pemilik kepribadian INFP memiliki beberapa sifat umum. Mereka biasanya memiliki ketertarikan tinggi dan ramah terhadap orang di sekitarnya. Seorang INFP akan menjadi teman yang sangat loyal jika sudah merasa dekat.

Dalam hal pekerjaan, INFP punya kecenderungan untuk menghindari pekerjaan yang detil dan rutin. Mereka juga lebih merasa nyaman untuk bekerja secara individual.

J.K. Rowling © Diadona

Tokoh dengan kepribadian INFP: J.K Rowling

3 dari 10 halaman

INTJ

Pemilik kepribadian INTJ sekilas terlihat sangat mewakili stereotip introvert; pendiam, serius, dan pemikir. Namun di luar itu, mereka adalah pribadi yang sangat dinamis. Para INTJ mudah bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Dalam bekerja, para INTJ suka dengan sistem yang runntut, efisien, dan logis. Meski nyaman bekerja sendiri, INTJ juga nyaman bekerja kelompok selama masih dalam jumlah yang kecil.

Hillary Clinton © Diadona

Tokoh dengan kepribadian INTJ: Hillary Clinton

4 dari 10 halaman

INFJ

Pemilik kepribadian INFJ adalah pribadi yang perasa. Mereka sangat perhatian, sensitif, dan memiliki empati serta komitmen yang tinggi. Berbanding terbalik, tingginya kadar sifat perasa itu nggak dibarengi dengan kemampuannya mengekspresikan perasaan.

Para INFJ adalah orang-orang yang sangat berorientasi pada masa depan. Mereka akan sangat memikirkan rencana ke depan, dibarengi dengan ketekunan dan kemauan yang kuat.

Oprah Winfrey © Diadona

Tokoh dengan kepribadian INFJ: Oprah Winfrey

5 dari 10 halaman

INTP

Bertemu pemilik kepribadian INTP artinya kamu melihat sosok yang sangat individualis. Mereka sangat senang bekerja sendirian. Nggak suka memimpin apalagi dipimpin.

Hal ini berkaitan dengan pola pikirnya yang sangat suka dengan teori dan ide yang abstra, yang tentu lebih butuh tenaga untuk menjelaskannya ke orang lain. Oleh karena itu, para INTP lebih percaya pada pendapat pribadi ketimbang orang lain.

Kristen Stewart © Diadona

Tokoh dengan kepribadian INTP: Kristen Stewart

6 dari 10 halaman

ISFJ

Pemilik kepribadian ISFJ adalah orang yang sangat peduli dengan perasaan dan reaksi orang sekelilingnya. Mereka akan sangat penuh pertimbangan sebelum memutuskan sesuatu. Ingatannya terhadap sesuatu juga cukup baik, terutama untuk hal-hal yang dirasa penting bagi dirinya.

Beyonce © Diadona

Tokoh dengan kepribadian ISFJ: Beyonce

7 dari 10 halaman

ISFP

Mereka dengan kepribadian ISFP akan mudah disukai oleh orang. Mereka sangat ramah, rendah hati, dan fleksibel. Pemikirannya sangat simpel dan praktis, jadi akan jarang ada keruwetan yang muncul darinya.

Kendati lebih suka bekerja sendiri, hubungan pemilik kepribadian ISFP dengan orang lain akan cenderung lebih baik karena mereka lebih suka menghindari konflik.

Lady Gaga © Diadona

Tokoh dengan kepribadian ISFP: Lady Gaga

8 dari 10 halaman

ISTJ

Mencari pemimpin? Orang dengan kepribadian ISTJ adalah sosok yang tepat. Mereka adalah seorang natural born leader.

Detil dalam bekerja, kepribadian ISTJ lebih suka dengan teori kongkrit, dan fokus pada fakta. Pribadi yang mendetil ini akan mempengaruhi tempo kerjanya yang akan terlihat lebih lama.

Ratu Elizabeth II © Diadona

Tokoh dengan kepribadian ISTJ: Ratu Elizabeth II

9 dari 10 halaman

ISTP

Pemilik kepribadian ISTP bukanlah sosok yang tepat untuk diajak berandai-andai. Mereka adalah orang yang sangat realistis dan lebih suka dengan sesuatu yang praktikal. Hal ini didukung dengan ketertarikan tinggi terhadap bagaimana sesuatu bekerja.

Scarlett Johansson © Diadona

Tokoh dengan kepribadian ISTP: Scarlett Johansson

Beri Komentar