Merasa Gugup dan Cemas di Hari Pernikahan? Berikut Ini 5 Tips Ampuh Mengatasinya

Reporter : Yoyok
Rabu, 5 Januari 2022 06:50
Merasa Gugup dan Cemas di Hari Pernikahan? Berikut Ini 5 Tips Ampuh Mengatasinya
Sebelum dan saat hari pernikahan memang bikin deg-degan lho.

Pernikahan merupakan sebuah awal dalam membuka lembaran kehidupan baru. Maka dari itu, jangan heran jika banyak orang yang menganggap bahwa pernikahan merupakan sebuah impian.

Sebelumnya, tim Diadona telah merangkum beberapa tips mengatasi rasa gugup dan cemas jelang pernikahan. Namun, bagaimana jika perasaan tersebut malah menyerang di hari pernikahan?

Berikut ini adalah lima tips mengatasi rasa gugup dan cemas di hari pernikahan.

1 dari 6 halaman

Ngobrol dengan Pasangan

Jika merasa gugup di hari pernikahan, kamu bisa membicarakannya kepada pasangan. Tentu saja paanganmu akan mengerti alasanmu merasa gugup di hari pernikahan.

Saling memberikan dukungan atau energi positif di hari pernikahan bisa menjadi sangat ampuh dalam mengusir rasa cemas dan gugup.

Ilustrasi PernikahanIlustrasi Pernikahan © shutterstock.com/sippakorn

2 dari 6 halaman

Menyapu Tamu yang Dikenal

Sebelum acara dimulai, menyapa tamu yang dikenal bisa mengusir rasa gugup. Sapalah teman, keluarga, ataupun rekan kerja yang kamu kenal.

Ajak mereka ngobrol ataupun sambil bercanda sekalipun untuk mencairkan suasana. Kamu juga bisa menceritakan pada mereka bahwa sedang gugup, dan tentunya mereka akan memberi dukungan.

3 dari 6 halaman

Pikirkan Hal Positif

Sering kali mempelai jadi gugup karena overthinking akan dekorasi, makanan yang disajikan, ataupun lainnya. Maka dari itu, lebih baik fokus saja pada hal yang positif.

Contohnya seperti memandang penampilan diri sendiri saat itu yang sangat cantik, hadirnya para sahabat, banyak lainnya hal positif yang bisa difokuskan.

Ilustrasi PernikahanIlustrasi Pernikahan © forestheartphoto.com

4 dari 6 halaman

Menghindari Kafein

Kebanyakan orang memandang bahwa kopi sangat cocok sebagai pembuka dalam memulai hari. Namun, kebanyakan kafein juga justru bikin kamu makin gugup dan cemas lho.

Jantung akan semakin berdebar dan keringat jadi mengalir deras yang tentunya akan mewmbuatmu makin tidak tenang. Sebagai ganti kopi, mulailah hari dengan air putih yang sederhana namun berkualitas.

5 dari 6 halaman

Lakukan Kegiatan Pagi yang Menenangkan

Pagi di hari pernikahan mungkin kamu bakal sibuk dengan segala persiapan. Namun, jika ada waktu, sempatkan untukj melakukan hal-hal yang bisa bikin kamu tenang.

Contohnya seperti meditasi, yoga kilat, ataupun pijhat sekalipun sebelum dirias. Atau, lakukan kegiatan yang kamu senangi agar diri bisa lebih rileks.

Ilustrasi YogaIlustrasi Yoga © Shutterstock

Beri Komentar