LDR Disebut-sebut Jadi Hubungan yang Menyehatkan, Emang Iya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 7 Februari 2020 07:32
LDR Disebut-sebut Jadi Hubungan yang Menyehatkan, Emang Iya?
Belum tentu menuai berhasil, tapi LDR justru dibilang hubungan yang lebih sehat.

Membangun suatu hubungan emang nggak mudah, sama halnya dengan mempertahankannya. Hubungan jarak dekat saja susah untuk dipertahankan, apalagi LDR?

Tapi ternyata, beberapa tahun belakangan para peneliti telah berhasil mengumpulkan data yang mengejutkan. Tidak hanya mengenai keberhasilan LDR, tapi juga tentang bagaimana LDR justru menyehatkan dibandingkan hubungan jarak dekat.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari Reader's Digest, di tahun 2015 para peneliti dari Universitas Queen mempelajari hubungan dari 1.142 responden. Hampir semua pasangan berusia 20-an. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa tingkat keintiman, komunikasi, komitmen, bahkan kepuasan seksual pada pasangan LDR menunjukkan nilai yang sama dengan mereka yang tidak menjalin LDR.

Vinita Mehta, Phd, seorang psikolog klinis dan penulis yang tinggal di Washington DC mengungkapkan, bahwa pasangan yang menjalani LDR akan 'terpaksa' melakukan komunikasi lebih sering dan intens. Kondisi ini nantinya justru menimbulkan kesempatan bagi mereka untuk semakin mengenal satu sama lain.

Ilustrasi LDR © Diadona

2 dari 2 halaman

Sedangkan pasangan yang tidak dalam kondisi LDR, justru akan terbiasa menjalani hari-hari mereka bersama. Hal ini tidak akan menimbulkan 'sensasi yang baru' ketika mereka sedang bersama.

Kondisi pembeda inilah yang membuat pasangan LDR lebih sering merasakan rangsangan baru. Karena mereka tidak terbiasa bersama-sama, jadi hubungan mereka akan selalu terasa bagaikan 'fase bulan madu'.

Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang bisa mengungkapkan berapa lama hubungan LDR bisa dipertahankan. Semuanya bergantung pada pribadi masing-masing pasangan yang menjalaninya.

Bagi pasangan LDR, Mehta memberikan tips untuk tetap menjaga komunikasi dengan baik. Yang terutama ialah tetapkan harapan bagaimana kehidupan di masa mendatang, termasuk kemungkinan apakah mereka akan menyatu di kota yang sama atau tidak. Semangat pejuang LDR !

Beri Komentar