15 Lagu Putus Cinta dengan Lirik Paling Sedih dan Bikin Nangis

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 22 Maret 2024 19:18
15 Lagu Putus Cinta dengan Lirik Paling Sedih dan Bikin Nangis
Kamu bisa lampiaskan dengan dengerin lagu putus cinta agar suasana hatimu bisa baikan.

Dalam suatu hubungan, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi antara bisa langgeng sampai akhir atau terpaksa berhenti di tengah jalan. Kalau ternyata kamu merasakan yang kedua, tentu rasanya sakit banget dan susah diungkapkan dengan kata-kata. 

Emosi dan rasa sedih yang kamu rasakan tentunya akan nggak baik kalau dipendam di dalam diri saja. Kamu bisa coba mengekspresikannya lewat mendengarkan lagu putus cinta. Lagipula, laman web The Science Times menjelaskan kalau lagu sedih bisa membantu kamu buat merenungkan hubungan sebelumnya, mengingat kenangan indah, dan bisa jadi berhati-hati dengan kenangan yang tidak menyenangkan agar nggak terulang lagi.

Berikut adalah rekomendasi lagu putus cinta yang pastinya bakal relate sama suasana hati kamu saat ini. Check it out!

1 dari 15 halaman

Loose You to Love Me - Selena Gomez

Lagu putus cinta selanjutnya adalah salah satu hits terbesar Selena, “ Lose You to Love Me,. Lagu tentang putus cinta ini menduduki peringkat 1 Billboard Hot 100 dan menerima tiga sertifikasi platinum di AS saja. Secara kebetulan, lagu ini dirilis dihanya tiga minggu setelah penrikahan sang mantan.

Lagu ini mungkin memang merupakan lagu putus cinta dan perpisahan, tapi juga lagu tentang healing dan mencintai diri sendiri. Selena mengatakan kalau waktu dan kedewasaannya mengajarinya buat melupakan perasaan sebagai korban dalam sebuah perpisaha. Sebaiknya, dia menyadari kalau perpisahan ini adalah hal terbaik karena dia jadi paham dengan dirinya seniri.

Kamu juga ya!

2 dari 15 halaman

Usai - Tiara Andini

Lagu yang diciptakan oleh Andmesh Kamaleng yang juga merupakan musisi terkenal ini memang relate banget sama keadaan putus cinta. “ Usai” menceritakan tentang seseorang yang merasa kehilangan banget setelah ditinggal oleh orang yang dicintai.

Terlebih lagi, lagu ini menceritakan kalau hubungan asmara yang terjalin harus berakhir perih karena nggak ada kepastian lagi dari si cowok. Selain itu, lagu ini juga mengajarkan buat move on meskipun kenyataannya memang nggak mudah.

aku memang kehilangan kamu yang sangat kucintai
namun kau telah kehilangan aku yang sangat mencintaimu..

3 dari 15 halaman

I Was Never There - The Weeknd

Duet antara dua musisi ternama di kancah musik barat ini mengisahkan tentang akhir dari suatu hubungan yang sangat bermakna. Lirik lagu ini berfokus pada emosi yang dirasakan ketika putus.

Nah, karena terlalu sakit hati dan masih denial saat mengakhiri hubungan, si cowok melampiaskannya dengan melakukan hal-hal yang nggak baik, mulai dari konsumsi obat-obatan dan minuman keras. Selain itu, meskipun dia menyadari bahwa hal-hal itu merugikan dirinya sendiri, dia malah menyalahkan pihak lain yang nggak terlibat langsung dalam putus cinta mereka.

4 dari 15 halaman

Perayaan Mati Rasa - Umay Shahab feat Natania Karin

Lagu “ perayaan mati rasa” punya makna sendiri tentang apa yang dirasakan orang-orang ketika putus cinta. Mungkin sebagian besar orang akan merasa mati rasa dan hampa setelah berpisah dengan orang tercinta. 

Namun, lagu ini juga berpesan kalau perpisahan itu jangan sampai membuat kita larut dalam kesedihan dan bisa jadi kesempatan untuk mengingat lagi kenangan indah yang pernah dilalui bersama.

5 dari 15 halaman

Jvke - This Is What Winter Feels Like

Lagu “ this is what winter feels like” menceritakan tentang perasaan dingin melankolis seperti merasakan musim dingin ketika putus. Melalui liriknya yang nggak kalah sendu, lagu ini menggambarkan rasa patah hati si cowok saat mengakhiri hubungan yang membuat hatinya beku layaknya terkena dinginnya salju.

Meski telah merasakan sakit yang amat mendalam, pada akhirnya dia tetap bertahan pada keinginannya agar si cewek bisa tetap pergi dan nggak kembali lagi padanya.

6 dari 15 halaman

Nabila Taqiyyah - Ku Ingin Pisah

Bermakna sama dengan judulnya, lagu ini mengisahkan seseorang yang ingin berpisah dengan pasangannya karena sudah berubah dan nggak menghargai dirinya lagi. 

Si cewek merasa kalau hubungan yang sedang mereka jalin sudah nggak punya arah yang jelas dan kepastian di akhir. Karena terus-terusan berjuang sendirian dalam hubungan, dia akhirnya memutuskan untuk berpisah dari si cowok demi kebaikannya sendiri.

7 dari 15 halaman

Right Through Me - DAY6 (Even of Day)

Lagu ballad yang bikin emosional ini jadi salah satu lagu sub-unit grup band DAY6 yang bikin galau banget. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang memutuskan untuk mengakhiri hubungannya karena pasangannya sudah nggak cinta lagi.

Meskipun sebenarnya dia sudah berjuang buat mempertahankan hubungan mereka, ia akhirnya rela untuk pergi dan memutuskan buat cut off dari pasangannya agar nggak merasakan sakit hati yang berlebih. Ada yang relate dengan kisah cinta ini?

8 dari 15 halaman

Love War feat BE’O - YENA

Lagu putus cinta yang ini cukup unik karena punya makna yang dalam dari penyebutan “ Love War” yang mirip dengan “ Lover”. Lagu ini mengisahkan tentang keadaan ketika pasangan dalam suatu hubungan merasakan titik genting dalam hubungan karena sering bertengkar satu sama lain.

Selain itu, diceritakan juga kalau ada indikasi si cowok sedang dekat dengan cewek lain yang bikin keadaan mereka semakin parah. Karena keduanya sama-sama sudah nggak punya perasaan jatuh cinta lagi, mereka memutuskan untuk berpisah.

9 dari 15 halaman

What 2 Do Dean feat Crush & Jeff Bernat 

Kalau kamu merasakan rasa emosi dan lelah akibat hubungan yang gagal, lagu putus cinta yang satu ini cocok buat kamu. Lagu ini mengisahkan tentang rasa sakit, kebingungan, dan kerinduan yang bikin seseorang sadar kalau hubungan ini sudah harus diakhiri.

Dia merasa bimbang dalam dirinya, apakah harus berusaha untuk tetap mempertahankan hubungan ini atau melepaskan saja karena nggak ada jawaban dan solusi dari situasi sulit yang sudah dihadapi.

10 dari 15 halaman

Drivers License - Olivia Rodrigo

Sekilas, lagu Driver License's ini menceritakan tentang remaja patah hati yang ngeliat mantannya move on. Namun pada intinya, lagu ini nggak cuman mewakili patah hati remaja, karena kemampuannya untuk menarik pendengar dari segala usia.

And I know we weren't perfect but I've never felt this way for no one
And I just can't imagine how you could be so okay now that I'm gone
Guess you didn't mean what you wrote in that song about me
'Cause you said forever, now I drive alone past your street

 

11 dari 15 halaman

Need you Now - Lady A

Lagu putus cinta ini mengisahkan tentang menelpon seseorang tengah malam karena kangen dan kesepian. Apakah kamu pernah mengalami putus cinta seperti ini?

It's a quarter after one, I'm all alone and I need you now
Said I wouldn't call, but I lost all control and I need you now
And I don't know how I can do without, I just need you now

Liriknya terdengar putus asa, sederhana, namun juga akurat menggambarkan hati yag sedang patah.

12 dari 15 halaman

Jealous - Labrinth

Lagu ini menyentuh banyak ornag di seluruh dunia karean lirik dan melodinya yang sederhana, namun kuat dan mengena. Sebenernya, lagu ini ditujukan buat salah satu orang tua Labrinth yang memilih buat meninggalkan keuarganya saat dia berumur 4 tahun.

Dia menyebut ingin menulis lagu dari sudut pandang keluarganya saat ditinggalkan, sekaligsu mewakili perasaan siapa aja yang pernah merasakan kehilangan, pengkhianata dan juga pengabaian.

I'm jealous of the rain
That falls upon your skin
It's closer than my hands have been

Dia mengungkapkan kerinduannya akan keintiman fisik dan emosional dengan orang yang meninggalkannya, dan rasa irinya terhadap apa pun atau siapa pun yang berada di dekat mereka.

I wished you the best of
All this world could give
And I told you when you left me
There's nothing to forgive
But I always thought you'd come back, tell me all you found was
Heartbreak and misery
It's hard for me to say, I'm jealous of the way
You're happy without me

Dia juga menyiratkan bahwa mereka telah melanjutkan hidup mereka dan bahagia tanpa dia. Dia merindukan cinta yang pernah mereka miliki, dan terluka karena cinta itu udah diberikan ke orang lain. Dia merasa udah digantikan dan dilupakan.

 

13 dari 15 halaman

Pale Blue - Kenshi Yonezu

Lagu putus cinta yang satu ini menceritakan tentang perasaan galau yang dirasakan ketika berpisah dengan pasangan. Di lagu ini, diceritakan kalau kedua pihak sudah sama-sama nggak punya pasangan satu sama lain, tetapi sulit untuk berpisah karena kesulitan mencari momen dan kata-kata yang pas untuk diucapkan ketika mau mengakhiri hubungan.

Pada akhirnya, pasangan ini bisa berpisah meskipun masih merasakan rasa sakit yang cukup berat.

14 dari 15 halaman

Last Song - Official HIGE DANdism

Seperti dengan judulnya, lagu “ Last Song” ini menceritakan momen-momen terakhir suatu pasangan sebelum putus dan berpisah. Dalam lagu ini, tampak bahwa antara si cowok dan si cewek sama-sama belum rela untuk berpisah karena masih ingin menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan berdua.

Selain itu, lagu ini juga mengajarkan bahwa berpisah itu juga bisa dilakukan dengan baik-baik tanpa meninggalkan masalah.

15 dari 15 halaman

Terendap Laraku - NaFF

Sekian lama aku mencoba
Menepikan diriku di redupnya hatiku
Letih menahan perih yang kurasakan
Walau ku tahu, ku masih mendambamu

Lagu ini mengisahkan tentang kerinduan pada kekasih yang udah pergi, sang penyanyi pun merasa sedih dan kehilangan.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi lagu putus cinta yang bisa kamu dengarkan agar bisa lebih menenangkan kamu buat menghadapi post break-up ini. Semoga suasana hati kamu bisa jadi lebih baik, ya! Stay strong, Diazens!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar