Kenapa Wajah Kita Cenderung Mirip dengan Pasangan Jika Sudah Lama Menjalin Hubungan?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 6 September 2021 15:15
Kenapa Wajah Kita Cenderung Mirip dengan Pasangan Jika Sudah Lama Menjalin Hubungan?
Pertanda jodoh nggak sih?

Pernah nggak sih kamu menemukan kejadian pasangan kekasih atau bahkan suami istri yang memiliki wajah mirip? Biasanya sih orang-orang menyebutnya sebagai pertanda jodoh..

Hal ini akhirnya ditelusuri oleh tim dari University of Michigan. Hasil penelitian menyebut, semakin lama kamu menghabiskan waktu dengan pasangan, maka struktur wajah akan mengalami kemiripan. Kenapa bisa gitu ya?

1 dari 4 halaman

1. Adanya kecocokan

Ilustrasi Pasangan Kekasih BerkebunIlustrasi Pasangan Kekasih Berkebun © shutterstock.com/g/Dragon Images

Hampir semua orang pasti memilih pasangan berdasarkan kecocokan. Entah didasarkan pada sifat, hobi, usia, atau penilaian lain.

Namun tanpa disadari, kita pun sering mencari pasangan yang mirip secara fisik dengan kita. Benjamin Domingue, seorang peneliti di Boulder's Institute of Behavioral Science menyebut, seseorang cenderung memilih pasangan yang memiliki tinggi badan atau warna kulit mirip dirinya.

2 dari 4 halaman

2. Sering menghabiskan waktu bersama

Ilustrasi Pasangan BerliburIlustrasi Pasangan Berlibur © shutterstock.com/id/g/YaniSinlapakhong

Banyaknya waktu yang dihabiskan bersama juga membuat pasangan kekasih atau suami istri bisa memiliki kemiripan wajah. Menurut Robert Zajonc, psikolog asal University of Michigan, kemiripan ini akan tampak jelas saat sudah 25 tahun bersama.

Kemiripan wajah ini diduga karena pasangan sudah merasakan banyak waktu bersama. Alhasil, banyak hal yang dibagikan dan dirasakan satu sama lain, termasuk saat senang maupun susah.

3 dari 4 halaman

3. Koneksi dan kualitas hubungan

Ilustrasi Quality Time dengan PasanganIlustrasi Quality Time dengan Pasangan © shutterstock.com/g/GaudiLab

Kualitas hubungan yang dijalani akan membawa pengaruh pada koneksi antara dua orang yang menjalin hubungan. Seiring berjalannya waktu, keduanya akan semakin mirip dalam pola hidup bahkan tingkah laku.

Profesor dari Wharton School at University of Pennsylvania menyebut bahkan tingkat kepuasan yang tinggi saat menjalin hubungan, cenderung membentuk struktur wajah pasangan jadi semakin mirip.

Beri Komentar