Disebut Bentuk Relationship Berisiko, Apa sih FWB Itu?

Reporter : Yoyok
Rabu, 27 Juli 2022 06:50
Disebut Bentuk Relationship Berisiko, Apa sih FWB Itu?
FWB merupakan singkatan dari Friend With Benefits.

Baru-baru ini heboh kabar yang menyebutkan seorang gadis tertular HIV/AIDS setelah berhubungan badan dengan seorang pria. Gadis berusia 19 tahun tersebut sebelumnya tidak mengenal sosok pria tersebut.

Mereka berdua menjalani hubungan seks tanpa adanya ikatan ataupun perasaan. Model realtionship seperti ini disebut dengan FWB.

Lalu, apa sih FWB itu?

1 dari 5 halaman

FWB merupakan singkatan dari Friend With Benefits. Istilah FWB mulai dikenal banyak orang setelah ada satu film yang berjudul sama, Friend With Benefits, menceritakan tentang dua sosok sahabat yang melakukan aktivitas seksual tanpa adanya ikatan atau komitmen.

Jadi, FWB bisa diartikan sebagai sebuah bentuk relationship di mana dua orang individu yang berbeda menjalani hubungan seksual tanpa adanya ikatan status atau komitmen seperti pacaran. Dua orang tersebut merupakan individu yang berbeda dan dipertemukan karena kebutuhan seksual yang mendasari.

Ilustrasi BercintaIlustrasi Bercinta © shutterstock.com/id/g/ivory27

2 dari 5 halaman

Bentuk relationship FWB ini memang sedang marak di kalangan muda-mudi Indonesia. Kebanyakan terjadi di kota besar, dan hubungan mereka banyak berawal dari media sosial atau dating apps.

Sering kali FWB dimulai dari dua orang yang benar-benar saling tidak kenal, kencan, lalu melakukan hubungan seksual. Karena tidak ada ikatan atau komitmen, maka ujung-ujungnya dari FWB adakah seks.

3 dari 5 halaman

Meskipun sedang booming, nyatanya FWB merupakan bentuk relationship yang tidak aman alias berisiko lho. Karena ujung-ujungnya seks, maka FWB dapat dibilang tidak aman, karena bisa terjadi kehamilan ataupun menyakit menular. Ditambah lagi pelaku FWB pastinya tidak melakukan relationship tersebut hanya dengan satu orang saja.

Seperti disebutkan sebelumnya, seorang gadis yang masih berusia 19 tahun, melakukan FWB dengan orang yang tidak ia kenal, akhirnya tertular HIV/AIDS.

4 dari 5 halaman

Jika kamu ingin melakukan hubungan FWB, sebaiknya pikir-pikir dulu. Bukan hanya karena urusan moral atau sosial, yang lebih penting adalah masalah kesehatan.

FWB memang rentan dengan masalah kesehatan karena dapat menjalani hubungan dengan banyak individu. Selain itu, dengan tidak adanya komitmen, maka seseorang bisa dengan bebas melakukan seks yang didasari dengan hubungan FWB.

Bergonta-ganti pasangan ini memang sarangnya penyakit HIV/AIDS.