Dianggap Kebiasaan Sepele, Mengendus Aroma Tubuh Pasangan Ternyata Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 13 Agustus 2020 09:15
Dianggap Kebiasaan Sepele, Mengendus Aroma Tubuh Pasangan Ternyata Bisa Menurunkan Tingkat Stres
Hayo, siapa yang suka ngendus-ngendus pacarnya?

Bicara soal aroma tubuh, tentu ada yang enak dan nggak enak saat diendus. Bahkan jika dikaitkan dengan aroma seperti apa yang bisa menenangkan, rasanya aroma tubuh bukan pilihan yang tepat deh.

Tapi tau nggak sih, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang mengendus aroma tubuh pasangannya ternyata bisa menurunkan tingkat stres yang sedang dialami. Mengutip dari Daily Mail, aroma suami atau pacar diam-diam lebih menenangkan daripada aroma mawar loh!

1 dari 2 halaman

Tim peneliti dari Stockholm University telah menguji hal ini. Penurunan tingkat stres nggak bisa terjadi begitu aja, karena tentunya tetap dipengaruhi oleh kondisi hubungan yang sedang dijalani.

Ilustrasi Mengendus Aroma Tubuh Pasangan © Diadona

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Physiology Behavior ini menyatakan bahwa aroma pasangan bisa membantu meringankan respon psikofisiologis terhadap stres, khususnya bagi pasangan yang menjalani hubungan yang sehat.

2 dari 2 halaman

Sedangkan pasangan yang hubungannya cenderung bermasalah, justru terjadi peningkatan respon stres fisiologis saat mengendus aroma pasangannya.

Tim peneliti juga menambahkan bahwa aroma pasangan adalah rangsangan yang dapat mengurangi stres secara subjektif maupun psikofisiologis. Mengendus aroma pasangan secara rutin, tanpa disadari bisa meningkatkan kesehatan dan melawan stres yang bisa terjadi.

Beri Komentar