Cara Merangkai Bunga Hidup atau Plastik untuk Dijadikan Buket Hadiah Saat Wisuda

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 22 Agustus 2020 07:42
Cara Merangkai Bunga Hidup atau Plastik untuk Dijadikan Buket Hadiah Saat Wisuda
Begini cara merangkai bunga untuk dijadikan buket hadiah dengan gampang.

Cara merangkai bunga pasti sangat dibutuhkan bagi kamu yang suka menghias rumah dengan tampilan berbeda dan menawan. Sehingga, dengan adanya bunga segar di rumah, tentu akan menjadikan ruangan rumah memberikan enerfi positif.

Namun, sayangnya tidak sedikit dari kalian yang beranggapan bahwa merangkai bunga hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja. Padahal, cara merangkai bunga bisa dilakukan siapa saja kok.

Nah, kalau kamu ingin belajar dan mencoba bagaimana cara merangkai bunga, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Merangkai Bunga Plastik

Cara Merangkai BungaCara Merangkai Bunga © shutterstock.com/Africa Studio

Merangkai bunga memang hal yang paling menyenangkan untuk mengisi kegiatan di waktu luang, terlebih saat libur akhir pekan bareng keluarga.

Pasalnya, cara merangkai bunga tidak membutuhkan peralatan dan bahan yang begitu banyak. Bahkan dengan belajar merangkai bunga, kamu pun bisa lebih hemat saat ada acara memerlukan dekorasi bunga.

Untuk itu, berikut prinsip-prinsip yang harus kamu perhatikan saat mencoba cara merangkai bunga plastik  di rumah.

1. Menentukan Konsep Rangkaian

Cara merangkai bunga plastik yang pertama ialah tentukan konsep rangkaian bunga yang ingin dibuat terlebih dahulu. Biasanya, konsep rangkaian bunga dibuat sesuai dengan kondisi rumah.

2. Kombinasikan Jenis Bunga

Tahap selanjutnya dari cara merangkai bunga ialah memilih kombinasi bunga yang akan kamu gunakan nanti, seperti warna plastik atau sedotan yang akan dijadikan sebuah bunga.

3. Pilih Vas yang Akan Digunakan

Cara merangkai bunga plastik yang berikutnya adalah dengan pemilihan vas. Dalam hal ini sangat penting diperhatikan sebab wadah bergantung dengan tema yang sudah kamu tentukan di awal.

4. Sesuaikan Tinggi Bunga dengan Vas

Tahapan cara merangkai bunga yang terakhir adalah dengan merapikan bunga sesuai dengan susunan yang diinginkan, Ohya, panjang atau pendek tangkai bunga juga harus disesuaikan dengan vas yang digunakan ya.

2 dari 3 halaman

Cara Merangkai Buket Bunga

Cara Merangkai BungaCara Merangkai Bunga © shutterstock.com/Prostock-studio

Umumnya, buket bunga menjadi salah satu pilihan hadiah favorit untuk diberikan kepada orang yang tersayang. Sehingga, untuk mengingat momen romantis tersebut, kamu pun langsung memesan buket bunga yang sudah jadi di florist.

Padahal, cara merangkai buket bunga pun bisa kamu lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa merangkai bunga lho. Selain lebih murah, buket bunga buatanmu pun terasa jadi lebih istimewa untuk diberikan.

Lalu, bagaimana cara merangkai bunga untuk dijadikan sebuah buket hadiah? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Alat dan Bahan:

- 1 ikat bunga segar
- 1 lembar kertas tisu yang dipotong jadi persegi
- Selotip
- Pita atau tali berwarna
- 1 lembar kertas pembungkus warna coklat yang dipotong persegi (ukuran lebih kecil dari kertas tisu)

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Buket Bunga :

Cara Merangkai BungaCara Merangkai Bunga © shutterstock.com/UfaBizPhoto

1. Langkah pertama cara membuat bunga untuk dijadikan buket ialah siapkan beberapa batang bunga dan potong batang yang terlalu panjang, lalu ikat bunga tersebut dengan selotip atau karet.

2. Kemudian letakkan kertas tisu untuk membuat belah ketupat, lalu letakkan bunga di atasnya. Pastikan bagian ujungnya tepat berada di tengah, ya.

3. Cara membuat bunga berikutnya adalah selimutkan sisi kiri belah ketupat sampai menutupi batang bunga, kemudian lipat bagian bawah kertas ke atas, lalu selimutkan sisi kanan sampai menutupi sisi kiri yang sudah dilipat.

4. Selanjutnya letakkan buket bunga di atas kertas cokelat dan ulangi langkah di atas dengan kertas tisu. Kemudian, ikat buket bunga yang sudah jadi dengan pita atau tali sebagai hiasan. Selesai.

Gimana? Gampang kan cara membuat bunga untuk dijadikan buket hadiah?

Itulah cara merangkai bunga hidup atau plastik untuk dijadikan buket hadiah saat wisuda temanmu. Selamat mencoba!

Beri Komentar