5 Tips Ampuh Menjaga Pertemanan di Usia Dewasa

Reporter : Yoyok
Selasa, 12 September 2023 15:53
5 Tips Ampuh Menjaga Pertemanan di Usia Dewasa
Waktu merupakan hal penting dalam menjaga pertemanan di segala usia.

Banyak yang bilang kalau semakin tua, maka lingkup pertemanan akan semakin sedikit. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah karena semakin bertambahnya usia, maka waktu akan habis untuk keluarga atau pekerjaan.

Tetapi, bukan tidak mungkin kamu menjaga pertemanan meski usia sudah dewasa. Hubungan pertemanan pada dasarnya bersifat long-lasting atau bisa dibilang selamanya.

Dikutip dari Womantalk, berikut ini adalah deretan tips ampuh menjaga hubungan pertemanan di usia dewasa.

1 dari 6 halaman

Luangkan Waktu

Ketika sudah memasuki usia dewasa, tentu setiap orang memiliki kesibukan masing-masing. Entah itu pekerjaa, memiliki keluarga, atau goals tersendiri. Hal ini yang sering kali membuat hubungan pertemanan jadi berakhir.

Jika sudah begini, maka kamu serta teman-temanmu perlu meluangkan waktu untuk meet up atau bertemu. Tidak perlu setiap hari, paling tidak agendakan untuk bertemu selama beberapa hari demi menjaga hubungan pertemanan.

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

2 dari 6 halaman

Jangan Ragu Untuk Ajak Ketemu

Sering kali ketika kangen dengan sahabat, kita ragu untuk mengajaknya ketemuan. Rasa ragu tersebut muncul karena takut jika sang sahabat tidak sempat meluangkan waktu, sedang sibuk, atau lainnya.

Hilangkan keraguan tersebut karena bisa jadi sahabatmu tersebut juga sedang menunggu ajakanmu. Ia pun juga berpikir keraguan yang sama denganmu.

3 dari 6 halaman

Berusahalah Untuk Selau Ada Untuk Sahabat

Nasib sial dapat menghampiri siapapun, termasuk sahabatmu. Ketika terpuruk, kebanyakan akan membutuhkan sosok yang berarti dalam hidupnya.

Berusahalah untuk selalu hadir di setiap momen baik dan buruk sahabat. Di zaman serbah canggih seperti sekarang ini, kamu tidak perlu untuk bertatapan langsung dengan sahabat. Cukup memberi pesan atau sekedar video call di momen berkesan sahabat tersebut.

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

4 dari 6 halaman

Ingat Komitmen

Segala hubungan tentu saja membutuhkan komitmen. Tidak hanya hubungan percintaan, hubungan pertemanan juga membutuhkan komitmen.

Tidak hanya kamu yang berusaha menjaga komitmen, tetapi juga sahabatmu. Kamu dan sahabat harus menjaga komitmen di hubungan pertemanan tersebut agar tetap bertahan.

5 dari 6 halaman

Hargailah Teman

Saling menghargai merupakan salah satu bentuk dasar dalam menjaga tali pertemanan. Di usia dewasa di mana masalah yang datang akan semakin kompleks, sahabatmu pastinya akan membutuhkan nasehat.

Di usia dewasa, kamu hanya bisa menjadi pemberi saran dan hindari untuk bersikap judgmental. Semua keputusan akan ada di tangan sahabatmu, dan kamu harus menghargainya.

Beri Komentar