Anti Kebaperan saat Kencan Pertama, Coba Terapkan Cara 'Mindful Dating' Deh!

Reporter : Arifina
Sabtu, 31 Desember 2022 08:00
Anti Kebaperan saat Kencan Pertama, Coba Terapkan Cara 'Mindful Dating' Deh!
Apa itu Mindful Dating?

Apakah kamu salah satu yang tengah menjalani PDKT dengan seseorang? Kiranya agar selalu waspada dalam setiap kesempatan sebelum hubunganmu jelas dan mendapat kepastian.

Ya, dalam proses mencari pasangan hidup, tak jarang banyak orang terlalu gampang terbawa perasaan alias baper duluan nih! Biasanya, rasa baper bahkan muncul di awal-awal masa pendekatan.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan Kekasih © Diadona

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan perasaan itu ya, tapi kalau tidak dibatasi bisa menyakitkan. Apalagi, jika ternyata hubungan PDKT yang kamu jalankan malah berakhir kurang sesuai harapan dan tidak berlanjut.

Nah, biar kamu nggak mengalami rasa kebaperan di awal pendekatan, salah satu caranya terapkan mindful dating.

2 dari 6 halaman

Mindful Dating itu Apa Sih?

Beda dengan PDKT pada umumnya, mindful dating ini akan menjadikan kamu lebih santai dalam proses mendekati si dia. Bisa dibilang juga lebih lambat dan nggak agresif.

Dilansir dari Declutter The Mind, mindful dating sendiri merupakan proses 'menyadari penuh' saat berkencan. Istilah ini berkaitan dengan kemampuan mengenali emosi, value, dan perilaku dalam memilih pasangan yang cocok. Ini juga termasuk bagaimana menghadapi penolakan secara netral tanpa adanya rasa kebaperan berlebihan.

Prosesnya dilakukan tanpa buru-buru. Mindful dating diharapkan bisa membuatmu lebih mudah bagi sesama pencari pasangan untuk bertemu belahan jiwanya.

3 dari 6 halaman

Cara yang Bisa Dilakukan dalam Mindful Dating

1. Kenali Perasaanmu Sendiri

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

Masa berkenalan dengan orang yang baru bisa mendatangkan berbagai perasaan. Mulai dari menegangkan, gugup, dan canggung.

Sensasi berbeda yang bisa muncul entah gembira, kecewa, marah, ataupun empati pun juga bisa saja kamu alami. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyadari perasaan yang timbul tersebut saat berkencan.

4 dari 6 halaman

Langkah ini sebagai salah satu cara untuk lebih mengenali diri. Disamping itu, kamu perlu memerhatikan bahasa tubuh pasangan yang bisa membantumu 'membaca orang lain'.

Mindful dating memungkinkan untuk kamu memerhatikan perubahan perilaku yang ditunjukkan pasangan saat kencan berikutnya.

5 dari 6 halaman

2. Tetapkan Tujuan Kencan

Ilustrasi Pasangan Setia © Diadona

Dilansir dari Very Well Mind, saat proses menyeleksi calon pasangan melalui agenda kencan, tentu kebanyakan orang mengharapkan sebuah hubungan jangka panjang.

Nah, mindful dating akan membuatmu sadar tentang perasaan yang muncul dan membantu mengenali apa yang kamu inginkan atau yang kamu sukai dari pasangan. Cara ini dinilai sebagai metode yang pas bagi kamu untuk menyeleksinya.

6 dari 6 halaman

3. Beri Batasan

Selama menjalani mindful dating, kamu perlu menetapkan batasan untuk diri sendiri. Batasan ini akan memudahkan kamu dalam memutuskan pasangan kencanmu ini tepat atau tidak.

Misal, kamu bisa memberi tahu hal-hal yang nggak kamu sukai padanya. Setelah itu, pastikan kamu tetap bisa mengendalikan diri untuk nggak mengumbar semuanya.

Kamu bisa berefleksi setiap selesai berkencan. Cara ini akan mengingatkanmu kembali untuk tidak buru-buru baper dengan calon pasanganmu, lho!

Beri Komentar