5 Cara Atasi Rasa Overthingking dalam Hubungan LDR, Biar Terus Langgeng Nih!

Reporter : Arifina
Jumat, 30 Desember 2022 08:00
5 Cara Atasi Rasa Overthingking dalam Hubungan LDR, Biar Terus Langgeng Nih!
Bye-bye overthingking!

Menjalani hubungan jarak jauh atau long distance reltionship (LDR) dengan pasangan tidaklah mudah. Selain harus terus berkomunikasi dengan lancar, rasa percaya satu sama lain juga harus terjaga.

Namun, tak dapat dipungkiri jika jalinan LDR kerap memicu overthingking. Banyak orang yang mengalami ketakutan akan hubungannya yang bisa berakhir kandas karena berada juh dari pasangannya.

Nah, 5 cara berikut bisa mengatasi rasa overthingking dalam hubungan LDR kamu nih, apa saja?

1 dari 5 halaman

Jauhi Prasangka Buruk Terhadap Pasangan

Tak dapat dipungkiri, LDR akan membaut kamu merasa selalu ingin tahu apa yang tengah dilakukan oleh pasangan. Namun, jika berlebihan justru akan meicu pertengkaran, lho!

Cara efektif yang dapat dilakukan untuk berhenti berpikir berlebihan, maka fokuslah pada fakta dan tidak menuruti asumsi yang ada.

Daripada membayangkan apa yang dilakukan oleh pasangan, lebih baik kamu fokus pada apa yang sebenarnya mereka lakukan. Seperti bekerja atau sedang melakukan hal lain.

Kalau kamu bisa menahan atau menghilangkan pola pikir berlebihanmu tersebut, maka kamu akan terhindar dari overthinking.

2 dari 5 halaman

Jangan Biasakan Mengkhawatirkan Hal Kecil

Ilustrasi Pasangan Berkomitmen © Diadona

LDR memang membuat banyak hal harus berubah. Baik dari kegiatan, kesibukan, dan lainnya.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu dan pasangan menjalani LDR, dipastikan kamu akan mudah merasa khawatir dengan kebiasaan kecil yang ia lakukan.

Namun, kekhawatiran ini ada baiknya untuk dikurangi ya! Rasa khawatir yang berlebihan dapat mempersulit hubungan diantara kalian dan akan memunculkan masalah dalam hubungan.

3 dari 5 halaman

Lakukan Aktivitas Lain

Saat kamu muli terpikirkan si dia terus menerus hingga berlebihan, ada baiknya menjeda dan melakukan aktivitas lain agar kamu dapat berhenti overthinking.

Manfaatkan waktu yang kamu miliki agar dapat membuat pikiran dan hatimu senang.

Dengan begitu, kamu akan sibuk. Sehingga kamu tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal negatif berlebihan dalam hubungan jarak jauh. Bawalah santai hubunganmu dengannya agar tetap dalam konidis tentram dan damai.

4 dari 5 halaman

Pertahankan Metode Komunikasi

ilustrasi LDR © Diadona

Komunikasi adalah salah satu kunci utama dalam hubungan langgeng bagi kamu yang menjalani LDR. Meski banyak kesibukan, maka kamu dan dia harus mengatur waktu agar tetap dalam jalinan komunikasi yang baik.

Tetaplah jujur satu sama lain agar rasa percaya selalu muncul dlam diri. Sehingga, kecemasan yang datang akan sirna deh!

5 dari 5 halaman

Tunjukkan Rasa Peduli

Meski menjalani LDR, bukan berarti kamu bisa acuh dengan pasangamu, ya! Justru ini momen untuk kamu menunjukkan kepedulian yang besar terhadapnya.

Salah satu hal yang simpel, menyempatkan untuk chat di sela kesibukan atau mengucapkan selamat pagi dan malam. Ini hanya bentuk kecil yang bisa kamu berikan saat ini, namun hal ini bisa begitu sangat berarti bagi pasanganmu, lho!

Setidaknya, dengan cara ini rasa perhatianmu terhadap pasangan akan terus dikenang dan tidak hilang. Sehingga, rasa overthingking itu juga akan hilang dengan sendirinya.

Beri Komentar