7 Hal Penting yang Patut Dimiliki Pasangan agar Hubungan Langgeng dan Harmonis

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 13 Juni 2020 09:15
7 Hal Penting yang Patut Dimiliki Pasangan agar Hubungan Langgeng dan Harmonis
Perlu usaha agar hubungan tetap harmonis.

Saat menjalani suatu hubungan, rasanya hampir semua pasangan ingin agar hubungannya tetap harmonis dan bisa berjalan sampai jangka panjang. Sebuah keinginan yang kelihatannya sepele, tapi ternyata ada usaha luar biasa yang perlu dilakukan.

Tapi tahu nggak sih, untuk membangun hubungan jangka panjang yang sukses tentu ada kiat-kiatnya kan. Mengutip dari iheartintelligence.com, Dr. Robert Epstein, salah satu psikolog di Harvard menyatakan ada 7 hal penting yang patut dimiliki pasangan untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan langgeng.

1 dari 4 halaman

1. Komunikasi

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Dalam suatu hubungan, tentu aja perlu dan harus ada komunikasi yang melibatkan kedua belah pihak. Komunikasi yang sehat pun ditandai dengan mau mendengarkan satu sama lain, serta berbagi pemikiran bersama.

2. Penyelesaian Konflik

Yang namanya hubungan tentu nggak lepas dari yang namanya konflik. Wajar kok, tapi pasangan harus memahami bagaimana penyelesaian konflik yang tepat dalam sebuah hubungan. Hubungan yang sehat menunjukkan sikap mau mengakui kesalahan dan mau memaafkan satu sama lain.

2 dari 4 halaman

3. Memahami Pasangan

Ilustrasi Pasangan Saling Memahami © Diadona

Memilih seseorang sebagai pasangan tentu aja nggak bisa asal-asalan, itulah sebabnya akan lebih baik jika kamu benar-benar mengenal si dia sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan dengannya. Memahami pasangan berarti mengetahui preferensi pasangan dan segala hal yang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

4. Keterampilan Hidup

Meski sedang menjalin hubungan dengan seseorang, kamu juga tetap perlu memiliki keterampilan hidup. Bagaimana mengelola finansial, menjaga tubuh tetap sehat, bahkan tetap mempertahankan suatu pekerjaan. Semua keterampilan yang kamu miliki menjadi upaya untuk berjaga-jaga jika suatu ketika terjadi hal buruk yang tidak terduga.

3 dari 4 halaman

5. Manajemen Diri

Ilustrasi Perempuan Berkaca © Diadona

Bukan hanya perlu mengenali pasangan, tapi kamu juga perlu mengenali kepribadianmu sendiri. Pemahaman akan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, akan lebih memudahkanmu untuk bisa meraih tujuan bersama pasangan.

6. Seks dan Romansa

Dalam suatu hubungan yang sudah lebih serius, seks dan romansa memang nggak bisa dihindari. Hal ini juga yang patut diperhatikan jika kamu dan si dia ingin menjaga hubungan tetap harmonis. Keterampilan tentang seks dan romansa bisa menunjukkan kepedulianmu terhadap kebutuhan dan preferensi seksual pasangan.

4 dari 4 halaman

7. Pengelolaan Stres

Ilustrasi Meditasi © Diadona

Semua orang pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Bahkan stres itu bisa terjadi juga saat sedang menjalin hubungan dengan seseorang. Untuk itu kamu perlu memiliki keterampilan untuk bisa mengelola stres yang mungkin terjadi, agar tidak membebani pasangan.


Hubungan yang harmonis dan langgeng memang menjadi impian semua orang, tapi ternyata nggak bisa diraih dengan mudah. Perlu usaha dan kerjasama dari kedua belah pihak agar hubungan jangka panjang bisa berjalan dengan baik dan sehat.

Beri Komentar