Tips Jaga Persahabatan di Usia Dewasa, Tetap Terhubung Meski Punya Kesibukan Masing-Masing

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 11 Agustus 2022 14:51
Tips Jaga Persahabatan di Usia Dewasa, Tetap Terhubung Meski Punya Kesibukan Masing-Masing
Pengen sahabatan langgeng, begini caranya~

Disadari atau tidak, jumlah sahabat yang dimiliki seseorang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Mungkin, kenalan akan bertambah, tapi yang benar-benar jadi teman dekat sebenarnya cuam sedikit.

Hal semacam ini dipicu oleh kesibukan tiap-tiap orang yang membuatnya nggak punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan sahabatnya. Alhasil, kedekatan ini mulai merenggang dan berakhir dengan menghilangnya salah satu pihak.

Supaya hal ini nggak terjadi pada kamu dan sahabatmu, berikut ada sejumlah tips untuk menjaga persahabatan di usia dewasa. Tujuannya supaya tetap terhubung, meski punya kesibukan masing-masing.

Simak ulasan selengkapnya yaa!

1 dari 6 halaman

1. Sediakan waktu

Ilustrasi ChattingIlustrasi Chatting © shutterstock.com/id/g/Svetlana+Sokolova27

Setelah lulus dari sekolah atau mungkin kuliah, seringkali kita nggak lagi punya waktu untuk sering bertemu sahabat. Tiap orang punya kesibukan masing-masing yang seolah membatasi waktu dan ruang gerak untuk bertemu.

Salah satu cara agar kalian tetap terhubung yakni dengan menyediakan waktu. Nggak harus sering-sering kok, tapi usahakan selalu ada sedikit waktu untuk berkomunikasi atau bertemu secara langsung.

2 dari 6 halaman

2. Berusaha hadir untuk mereka

Seiring dengan kemajuan zaman, ada banyak cara yang bisa dilakukan utnuk tetap terkoneksi dengan sahabat. Entah melalui chat singkat atau mungkin video call, kamu sudah bisa terhubung dengan sahabatmu.

Usahakan untuk selalu hadir saat mereka membutuhkan teman bicara. Luangkan waktu untuk berada di dekatnya, bahkan meski hanya lewat chat atau telepon.

3 dari 6 halaman

3. Jangan ragu untuk ajak ketemuan

Ilustrasi Ketemuan sama SahabatIlustrasi Ketemuan sama Sahabat © shutterstock.com/id/g/Ann+Haritonenko

Banyak yang bilang, obat dari kangen itu ya ketemu. Jadi, kalau kamu kangen dengan sahabat, jangan ragu untuk mengajak ketemuan. Kadang kita takut mengganggu mereka yang sedang sibuk, tapi di sisi lain sebenarnya mereka juga merasakan hal yang sama.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi lebih dulu. Ajak dia bertemu sebentar untuk sekadar bertukar kabar dan update soal kehidupan masing-masing.

4 dari 6 halaman

4. Selalu hargai sahabat

Menghargai merupakan salah satu cara menjaga ikatan kita dengan sahabat tetap berjalan dengan baik. Saat sudah dewasa, masing-masing dari kita mungkin dihadapkan pada masalah.

Saat sahabat meminta saran atau nasehat, jangan kamu bersikap judgemental. Beri saran dan biarkan sahabat menentukan sendiri jalan yang terbaik menurutnya. Jangan paksa sahabat untuk menerima semua saran yang kamu berikan.

5 dari 6 halaman

5. Jaga komitmen yang sudah disepakati

Ilustrasi BerjanjiIlustrasi Berjanji © shutterstock.com/id/g/antoniodiaz

Bukan cuma hubungan asmara, ikatan persahabatan sebenarnya juga butuh komitmen. Komitmen ini berkaitan dengan bagaimana kamu dan sahabat saling menjaga dan mengusahakan hubungan kalian tetap terjalin dengan baik.

Kalau sahabat udah berusaha agar kalian tetap terkoneksi, jangan sampai kamu sengaja menghilang yaa~

Beri Komentar