5 Tanda Bahwa Kamu Adalah Orang yang Insecure

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 7 April 2021 20:50
5 Tanda Bahwa Kamu Adalah Orang yang Insecure
Perasaan insecure ternyata bisa menghalanhgi kesuksesan seseorang

Di zaman seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang selalu insecure dalam melakukan berbagai hal. Entah itu dalam pekerjaan, pertemanan, atau mencari pasangan hidup.

Padahal, perasaan insecure membuat kita untuk percaya kalau diri kita tidak cukup baik. Bahkan, buruknya adalah kita bisa melewatkan kesempatan yang didapat karena insecure.

Dikutip dari iHeart Intelligence, berikut ini adalah lima tanda kamu adalah orang yang insecure.

1 dari 6 halaman

Memberi Bumbu Berlebihan pada Sebuah Pencapaian

Ilustrasi Wanita InsecureIlustrasi Wanita Insecure © unsplash.com/Elijah M. Henderson

Orang yang tidak percaya diri atau insecure sering kali memberikan " bumbu" atau kompensasi berlebihan akan pencapaian mereka lalu memamerkannya. Mereka melakukan hal ini dikarenakan untuk meyakinkan diri sendiri bahwa pencapaiannya dirasa cukup baik.

2 dari 6 halaman

Mereka Memiliki Standar yang Tinggi

Untuk membuktikan bahwa mereka layak, orang insecure akan berjuang untuk mencapai kesempurnaan. Dengan kata lain, mereka akan sengaja menetapkan standar tinggi yang tidak realistis untuk diri mereka sendiri dan sering kali berakhir kecewa karena tidak dapat mencapai tujuannya.

3 dari 6 halaman

Tidak Pernah Puas

Ilustrasi Wanita InsecureIlustrasi Wanita Insecure © unsplash.com/Andrew Neel

Terlepas dari pencapaian mereka, orang insecure akan selalu merasa tidak puas. Walaupun mereka melebih-lebihkan pencapaian mereka, tetap tidak orang insecure selalu ingin mendapatkan lebih. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia dengan diri sendiri.

4 dari 6 halaman

Membuat Orang Lain Jatuh

Dalam upaya untuk membuat diri mereka lebih unggul, orang insecure bisa saja nekat menjatuhkan orang lain. Seperti menyabotase kerjaan teman sekantor akan pekerjaan mereka dirasa lebih baik.

5 dari 6 halaman

Mudah Tersinggung

Ilustrasi Wanita MarahIlustrasi Wanita Marah © Shutterstock

Ketika orang insecure merasa tidak nyaman atau aman, mereka akan mudah tersinggung dengan komentar atau sebuah lelucon. Mereka jadi mudah tersinggung dan perkataan orang lain sangat berdampak pada diri mereka sendiri.

Beri Komentar