5 Asumsi Salah Tentang Hubungan Cinta Jangka Panjang Suami Istri

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 16 Januari 2021 13:42
5 Asumsi Salah Tentang Hubungan Cinta Jangka Panjang Suami Istri
Bagaimana hubungan jangka panjang suami istri?

Pernikahan dianggap sebagai pengaturan romantis, komitmen antara dua individu yang setara berdasarkan cinta dan kepercayaan. Setuju gak? Atas dasar itu pula, pasangan seharusnya menjadi orang kepercayaan, teman, dan kekasih yang penuh gairah.

Lalu, bagaimana dengan kesalahan asumsi dari hubungan jangka panjang ini? Jika dikaitkan dengan kebahagiaan perkawinan dengan kepuasan seksual, akan seperti apa?

Beberapa keyakinan inti tentang pernikahan, asumsi yang kita buat dan nilai-nilai yang kita pegang teguh harus selalu diperhatikan. Apa sajakah asumsi tentang cinta jangka panjang dan bagaimana kesalahannya? Berikut Diadona sajikan melansir dari Yourtango.com pada Sabtu (16/1/2021).

1 dari 5 halaman

1. Kejujuran sama dengan mengatakan kebenaran dan berbohong sama dengan penipuan.

Ilustrasi Pernikahan Outdoor Seleb © Diadona

Interpretasi pengakuan atas kejujuran ini tidak menghormati penerima informasi dengan tidak mempertimbangkan bagaimana rasanya hidup dengan pengungkapan. Budaya lain pun juga turut mempertimbangkan bagaimana penerima informasi akan hidup dengan beban pengetahuan. Tanpa kita sadari, ternyata kejujuran itu malah bisa sangat kejam.

Sejatinya, tidak boleh mengatakan hal-hal yang melekat pada diri pasangan. Tidak semua perlu dikatakan dan tidak semuanya perlu diketahui karena kita bisa hadapi kebenaran dan permusuhan sering kali hidup berdampingan dan tidak semua kejujuran itu bermanfaat.

2 dari 5 halaman

2. Masalah bercinta melibatkan masalah hubungan.

5 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan Jarak Jauh © Diadona

Perbaiki dulu hubungan dan hubungan suami istri akan menyusul dengan sendirinya. Namun, apakah ini adalah asumsi yang tepat? Tidak selalu demikian, memperbaiki hubungan tidak selalu memperbaiki hasrat saat berhubungan suami istri. Meskipun cinta dan keinginan mungkin berhubungan, keduanya juga bertentangan.

3 dari 5 halaman

3. Cinta dan hasrat berjalan seiring.

Tentu, urusan intim hubungan suami istri dalam perkawinan adalah 'kewajiban sebagai istri' untuk mendapatkan keturunan. Pasangan memupuk kedekatan dengan harapan bahwa lebih banyak keintiman akan menghasilkan cinta yang lebih baik. Mendamaikan cinta dan keinginan adalah tentang menyatukan dua kebutuhan mendasar tetapi berlawanan dengan kebutuhan manusia yaitu kebutuhan kita akan keselamatan, keamanan, dan stabilitas.

4 dari 5 halaman

4. Hubungan cinta pria tidak rumit, mekanis, dan termotivasi secara biologis daripada relasional.

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Perempuan membutuhkan daftar panjang kondisi untuk membangkitkan hasrat dan menghasilkan kepuasan. Pria hanya membutuhkan bercinta yang sering, konstan, dan spontan. Mereka didorong secara biologis dan kaku, selalu tertarik pada percintan, dan tidak terlalu terpengaruh oleh suasana hati dibandingkan rekan pasangannya.

Faktanya, kondisi bercinta laki-laki tidak kurang dipengaruhi oleh keadaan internal mereka dibandingkan dengan perempuan. Lihat saja pria mana saja yang depresi, cemas, atau marah. Emosi itu tidak diragukan lagi memengaruhi hasrat dan kinerja dalam berhubungan.
 
Laki-laki lebih cenderung beralih untuk berhubungan daripada perempuan untuk membantu mereka dengan keadaan internal mereka. Sebenarnya, pria berhubungan sebagai pengatur suasana hati. Namun, itu tidak berarti bahwa urusan berhubungan cinta pria tidak bersifat relasional.

5 dari 5 halaman

5. Persatuan yang ideal bersifat egaliter.

Ilustrasi Pernikahan © Diadona

Sebaliknya, hubungan terbaik saling melengkapi. Mereka saling menghormati perbedaan pasangan. Pasangan yang paling sukses kreatif dalam memaksimalkan daripada mengurangi atau meremehkan saling melengkapi di antara mereka.

Pertengkaran terjadi karena merasa tidak didengar, tidak dihargai, direndahkan, dan tidak diakui. Mereka merasa sendirian. Itulah yang benar-benar diderita orang dalam berhubungan.

Pasangan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengkritik diri sendiri daripada menghargai satu sama lain. Dan, sayangnya, orang terkadang jauh lebih fasih tentang kritik daripada pujian. Benar gak? Semoga beberapa asumsi di atas bisa membantu ya.

 

Beri Komentar