5 Cara Atasi Rasa Takut Ditinggal Pasangan Karena Insecure

Reporter : Arifina
Jumat, 23 Desember 2022 08:00
5 Cara Atasi Rasa Takut Ditinggal Pasangan Karena Insecure
Bye-bye insecure deh!

Dalam menjalani hubungan asmara, tak semuanya berjalan mulus tanpa hambatan. Ada kalanya, seseorang merasa insecure alias tidak aman atau minder dengan pasangannya sendiri.

Perasaan ini tidak boleh disepelekan, lho! Sebab, jika terus berlarut justru bisa merampas ketenangan dan merusak hubungan asmara Anda dengan pasangan.

Perasaan insecure bisa muncul dalam berbagai bentuk. Misalnya Anda selalu meminta kepastian, mudah cemburu, gampang menuduh, hingga takut kehilangan pasangan karena berbagai alasan.

1 dari 6 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, memiliki rasa insecure yang dibiarkan malah akan membuat pasangan semakin menjauh. Munculnya perasaan insecure, umumnya dikendalikan oleh pikiran-pikiran negatif yang Anda buat sendiri. Misalnnya, merasa tidak punya kelebihan, hidup kamu akan hancur tanpa pasangan, hingga merasa bahwa kamu tidak benar-benar dicintai oleh pasangan.

Perasaan insecure dalam hubungan juga bisa muncul akibat trauma masa lalu. Apalagi, jika kamu pernah disakiti dalam hubungan sebelumnya atau perceraian orangtua yang membuatmu selalu merasa waswas.

Nah, biar rasa insecure dalam diri tidak menjadi bumerang dalam hubungan, ini 5 cara menagtasinya dilansir dari berbagai sumber!

2 dari 6 halaman

Mengatasi rasa takut kehilangan akibat perasaan insecure

1. Berpikir Dulu Sebelum Bertindak

Ilustrasi pasangan © Diadona

Rasa cemas dan waswas yang menyelimuti dirimu bisa memicu perilaku yang sangat merusak, lho!Karenanya, kamu perlu usaha untuk menahan diri agar tidak gegabah, sebesar apa pun kekhawatiranmu terhadap pasangan.

Pikirkan baik-baik sebekum melakukan sesuatu, apakah iya kamu memang perlu mengecek HP, memeriksa akun media sosial, dan menelepon pasangan setiap jam. Sebab. hal-hal seperti itu tidak perlu dilakukan jika kamu mampu mengendalikan diri dan menanamkan rasa kepercayaan pada diri sendiri dan juga pasangan.

Dengan begitu, perasaan insecure perlahan akan bisa diatasi. Sebaliknya, jika kamu terus menuruti impuls tanpa pikir panjang untuk mengendalikan setiap gerak-gerik pasangan, tentu saja pasangan bisa merasa terganggu.

3 dari 6 halaman

2. Kenali Pasangan Lebih Dalam

Namanya menjalin hubungan jangka panjang, tentu kamu harus bisa menerima pasangan dengan pola pikir dan sikap yang berbeda. Kamu tidak bisa membuat pasangan untuk menggunakan cara yang sama denganmu.

Bahkan, bahasa cinta yang kamu dan pasangan miliki saja belum tentu sama. Untuk itulah pasanganmu mungkin tidak bisa selalu memberikan apa yang selalu kamu inginkan. Daripada mencurigainya, dan terus-terusan merasa takut kehilangan, fokuskan pikiran dan tenaga untuk mengenal pribadi pasangan lebih dalam lagi.

Cari tahu bagaimana cara pasanganmu mengungkapkan cinta, mengelola emosi, dan memperlakukan orang lain. Dengan mengenal pribadi pasangan lebih jauh, kamu akan lebih mudah menumbuhkan kepercayaan padanya.

4 dari 6 halaman

3. Ingat Kualitas Diri Sendiri

Saat merasa insecure, biasanya seseorang cenderung dihantui oleh kekurangan diri. Salah satu cara mengatasi perasaan ini ialah dengan mengingat kembali nilai dan kualitas diri yang kamu miliki.

Mungkin kamu merasa insecure pada pasangan karena merasa tidak cantik atau tampan, sedangkan di luar sana lebih banyak perempuan yang jauh lebih cantik dan laki-laki yang lebih tampan. Alhasil pemikiran ini menjadi ketakutanmu akan kehilangan pasangan yang memungkinkan tergoda dengan yang diluar.

Untuk mengatasinya, coba ingat kembali kualitas dirimu yang menjadikan pasangan jatuh hati padamu. Mungkin kamu memang tidak begitu memerhatikan penampilan, tapi ketika kamu mejadi pribadi yang jujur dan bisa dipercaya, bisa jadi ini nilai plus kamu, lho!

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kemandirian

Ilustrasi Pasangan Sekantor © Diadona

Hubungan yang sehat ialah yang tidak terlalu bergantung satu sama lain. Menjadi pribadi yang mandiri juga akan membantu dirimu untuk lebih merasa aman dan percaya diri dalam menjalankan hubungan.

Semakin kamu hidup tergantung pada pasangan, semakin besar pula rasa insecure yang akan muncul. Sebab, ketergantungan ini akan membuatmu merasa kalau pasanganmu yang “ menang" dan “ lebih berkuasa” ketimbang kamu sendiri.

6 dari 6 halaman

5. Percaya Pada Diri Sendiri

Belajar percaya pada diri sendiri adalah salah satu kunci untuk mempertahankan rasa aman dalam berhubungan. Percayalah jika kamu tetap menemukan cara untuk bahagia, sebesar apa pun masalah yang sedang dihadapi.

Saat kamu sudah memiliki rasa percaya diri, maka kamu akan terhindar dari rasa insecure yang bisa merampas ketenangan batin.

Beri Komentar