30 Ciri-Ciri Orang Munafik dan Berdasarkan Hadist Rasulullah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 29 Juni 2020 14:39
30 Ciri-Ciri Orang Munafik dan Berdasarkan Hadist Rasulullah
Mengetahui ciri-ciri orang munafik sepatutnya nggak digunakan untuk koreksi dan menuduh orang lain, melainkan upaya biar kita nggak menjadi salah satu diantaranya.

Ciri-ciri orang munafik tertuang dalam kalimat yang sering kita dengar. Yaitu, kalau berkata maka berdusta, kalau berjanji akan diingkari, dan kalau dipercaya dia akan berkhianat.

Tapi, apa ciri-ciri orang munafik sebatas itu saja? Apakah ada ayat Al-Quran dan hadistnya?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, munafik yakni berpura-pura pervaya atau setia dan sebagaimana pada agamanya atau yang lain, padahal kenyataannya dalam hatinya tidak demikian.

Mengetahui ciri-ciri munafik itu penting banget buat kita selalu mawas terhadap diri sendiri. Apa jangan-jangan kita termasuk dalam golongan tersebut?

Dan yang terpenting, mengetahui ciri-ciri ornag munafik munafik yang tertulis dalam dalam Al-Quran maupun hadist bukan ditujukan untuk menuding atau menghukum orang lain yah.

1 dari 4 halaman

30 Ciri-Ciri Orang Munafik

Ciri-Ciri Orang Munafik © Diadona

Melansir Dalam Islam, ada tiga golongan manusia yang penting banget untuk diketahui sebagai cermin diri, untuk mengukur sedang ada di mana sih posisi diri dan keimanan kita. Diantaranya yaitu orang mukmim, kafir, dan munafik.

Mengenai ciri-ciri orang munafik, ada 10 macam diantaranya yang tertuang dalam Al-Qur'an.

Selalu Berprasangka Buruk terhadap Orang Beriman

Firman Allah ta’ala, “ Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mu’min tidak sekali-kali akan kembali kepada keluarga mereka selama-lamanya dan syaitan telah menjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangka dengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa”. (QS. Al-Fath [48]: 12)

Mereka mengira bahwa Nabi dan para mukmim yang berjuang di jalan Allah pasti tidak akan selamat. Prasangka mereka itu keluar dari ekspresi wajah mereka, yang sesungguhnya juga mencerminkan bagaimana harapan mereka terhadap kebinasaan orang-orang muslim.

Suka Mengejek Orang Beriman

“ Apabila dikatakan kepada mereka: “ Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman.” Mereka menjawab: “ Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?” Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh; tetapi mereka tidak tahu”. (QS. Al-Baqarah [2]: 13)

Berusaha Menutupi Kemunafikannya

Ciri-ciri orang munafik ditunjukkan dengan pandai berkilah dan menutupi permusuhannya dengan Islam. Ini terlihat saat mereka mereka menghindari dari perintah berjihad.

“ Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah.” Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah . Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir”. (QS. At-Taubah [9]: 49)

Suka Menyuruh Orang Berbuat Munkar

Ciri-ciri orang munafik yakni selalu mengerjakan perintah Allah dengan sesuakanya, mallah diam-diam memprovokasi orang lain untuk meninggalkan keislaman.

Berat Dalam Bersedekah

Mereka selalu kikir dan pelit saat berjuang di jalan Allah

Melupakan Allah

Ciri-ciri orang munafik yaitu mereka luap kepada Allah dan cuman ingat mengenai kekayaan dan kesenangan duniawi mereka saja.

Ciri-ciri orang munafik yang suka menyuruh berbuat munkar, pelit dan melupakan Allah ini tertuang dalam Al-Quran: “ Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik”. (QS. At-Taubah [9]: 67)

Memperlihatkan Kalau Mereka Baik padahal Tidak

Mengenai ciri-ciri orang munafik ini tergambar dalamj Al-Quran yaitu “ Dan bila dikatakan kepada mereka: “ Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi “ . Mereka menjawab: “ Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan”. (Al-Baqarah [2]: 11)

Menipu

Mereka berusaha menipu Allah, padahal mereka sedang menipu diri mereka sendiiri dan Allah pasti akan membalas tipuan mereka.

Malas Mengerjakan Shalat

Ciri-ciri orang munafik yang ini nih mungkin ada banget dalam diri kita, yakni malas mengerjakan shalat.

Suka Pamer

Ciri-ciri orang munafik yaitu menipu, malash shala dan suka pamer tergambar dalam Al-Quran yakni “ Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa [4]: 142)

 

 

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik © Diadona

Dusta

Berdusta adalah ciri orang munafik dan merupakan hal yang nggak cuman dibenci manusia, tapi juga oleh agama. Karena nggak cuman memberikan kerugian bagi orang yang dibohongi namun juga ada kemudharatan di dalamnya.

Khianat

Berupa ciri-ciri orang munafik di mana dia nggak bisa berkomitmen dan nggak bisa menepati perkatannya.

Fujur

Yaitu emosi berlebihan bahkan melampaui batas saat sedang bertikai dengan orang lain.

Ingkar Janji

Dalam Al-Quran sendiri sudah dijelaskan bahwa janji adalah sesuatu yang harus ditepati. Sayangnya, mereka yang munafik memilih buat nggak menepatinya.

Mempercepat Sholat

Orang-orang yang tidak khusyuk sholatnya, malah mempercepat gerak dan bacaan sholatnya adalah ciri-ciri orang munafik. Ini karena fikiran dan hatinya nggak menyatu untuk mengagungkan kebesaran Allah.

Mengolok Al-Quran, As-Sunnah dan Rasulullah

Nggak cuman mengolok orang mukmim, tapi ciri-ciri orang munafik juag terlihat dari mereka yang mengolok Al-Quran dan As-Sunnah.

Mengingkari Takdir

Mereka sering nggak menyadari kalay=u semua yang terjaid dalam hidup adalah karena Allah SWT.

Bersumpah Palsu

Mereka bakalan nggak segan buat belakukan sumpah palsu tanpa peduli dengan akibat buruk dari sumpah tersebut.

Nggak Perduli dengan Nasib Kaum Muslimin

Mereka hanya perduli dengan kemakmuan dirinya saja.

Sering Melebih-Lebihkan

Ciri-ciri orang munafik yaitu sering melebihkan kessalahn orang lain, sampai membuat semua orang jadi tahu tentang kesalahan orang lain tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Munafik © Diadona

Menjelekkan Orang-Orang Sholeh

Ciri-ciri orang munafik yaitu saat mereka dengab santainya menjatuhkan kehormatan orang lain tanpa melihat bagaimana dirinya sendiri.

Membuat Kerusakan di Muka Bumi dengan Alasan Melakukan Perbaikan 

Mereka bakalan memutar otaknya buat mendapatkan keutungan meskipun harus mendapatkannya dari merugikan orang lain.

Mendustakan Janji Allah SWT Dan Rasul-Nya

" Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya berkata: “ Allah dan Rasul-Nya tidak menjanjikan kepada kami melainkan tipu daya” (Al-Ahzab: 12) (Baca juga: Doa Menghadapi Orang Yang Membenci Kita)

Sombong dalam Berbicara

Mereka nggak memiliki ilmu apapun, namun mereka sellau bersikap sombong seolah berpendidikan, dan bersifat angkuh biar terlihat terhormat.

Senang Melihat Orang Lain Susah, dan Sebaliknya

Malahan, mereka kadang seolah terlihat ikut berduka padahal dalam hatinya ada perasaan gembira.

Dengki

Mereka iri dengan rezeki yang diterima oleh orang lain, dan itu merupakan ciri-ciri orang munafik.

Memakan Harta Anak Yatim

Orang munafik nggak pernah puas dengan harta yang dimilikinya sehingga dia bakalan nggak segan-segan untuk melakukan segala cara, termasuk memakan harta anak yatim.

Nggak Mau Membayar Hutang

Saking gilanya mereka dengan harta, mereka sampai nggak mau kehilangan hartanya walaupun harus membayar hutang-hutang mereka.

Memutuskan Silaturahmi

Orang munafik tidak memperdulikan hal lain selain kesenangan dirinya dalam hal duniawi walaupun harus memutus silaturahmi.

4 dari 4 halaman

Hadist tentang Ciri-Ciri Orang Munafik

Penyakit Ain © Diadona

Berdasarkan Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, " Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik ada tiga, apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan bila dipercaya berkhianat."

Berbohong sebagai ciri-ciri orang munafik karena merugikan orang lain, bahkan bohong yang dilakukan untuk bercanda. Dan janji ibaratnya hutang yang harus dibayar. Jadi, jangan sekali-kali deh mengucapkan janji kalau nggak bisa menepatinya. Sedangkan orang yang berkhianat berarti perbuata dan ucapannya nggak bsia dipercaya,

Ciri-ciri orang munafik yang udah Diadona ulas kali ini nggak boleh ya dijadikan sebagai acuan untuk menuduh orang lain, melainkan sebagai koreksi diri dan menjadi suatu cermin : apakah kita punya ciri orang munafik?

Beri Komentar