33 Ciri-Ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi beserta Alasannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Desember 2023 12:51
33 Ciri-Ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi beserta Alasannya
Istri berubah sikap. Hal yang normal dan nggak perlu dipikirkan atau bisa jadi ciri-ciri istri selingkuh?

Ciri-ciri istri selingkuh bisa saja sudah mulai tampak sejak lama, tapi para suami kadang nggak menyadarinya. Bisa karena perubahan sikap yang nggak terlalu kentara, atau sang istri yang pintar menyembunyikannya. Dan saat ketahuan, nggak jarak hubungan terlarang itu sudah terlanjur panjang.

Walaupun banyak tulisan tentang ciri-ciri istri selingkuh, yang pasti, setiap sikap akan tergantung pada individunya. Dia berubah menjadi cuek, mungkin saja bukan karena selingkuh tapi ada hal lain yang membuatnya berubah demikian.

1 dari 5 halaman

Alasan Mengapa Istri Selingkuh Menurut Psikologi

 Ciri-ciri Istri Selingkuh © Diadona

Pernikahan yang berantakan dapat diakibatkan oleh berbagai alasan, salah satu yang paling umum adalah salah satu pasangan telah berselingkuh dengan orang lain. Bagaimana mungkin seseorang yang kita percayai dan cintai bisa mengkhianati kita dengan cara yang begitu menyakitkan? 

Selain merasa sakit hati, marah, dan sedih, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi dan menjadi pribadi yang rendah diri.

Alasan istri berselingkuh pun beragam. Mulai dari menjadi pelampiasan frustasi dan masalah yang belum terselesaikan dalam hubungan. Ketika orang berpikir bahwa mereka tidak mendapatkan apa-apa dengan pasangannya, mereka mencoba menghindari konflik dan menipu sebagai cara untuk melepaskan diri dari masalah mereka dengan pasangan. 

Berikut beberapa alasan orang berselingkuh dari pasangan mereka:

Dia Kesepian dan Merasa Terhubung Secara Emosional Dengan Orang Lain

Jika hubungannya dengan orang lain tumbuh lebih dalam daripada yang dia rasakan dengan kamu, dia akan merasa bimbang. 

Di satu sisi, dia pasti berpikir ini ga adil buat kamu. Tapi saat seseorang bisa menumbuhkan rasa lain, dia akan berat untuk mengatakan tidak. Apalagi jika orang tersebut meluangkan waktu untuknya, pasangan kamu akan semakin menginginkan keintiman dan emosional bersama yang lain itu. Kalau ada ketertarikan timbal balik yang kuat, perselingkuhan dapat dengan mudah terjadi.

Dia Bosan Dan Menginginkan Hal Yang Memicu Adrenalin

Saat kamu jarang menghabiskan waktu bersama, segampang rutin makan bersama di meja makan, dia mungkin akan mencari kegembiraan di tempat lain. Untuk menjaga hubungan awet dan kuat dibutuhkan dua orang untuk berjuang, bukan hanya salah satu saja. 

Mari kembali nostalgia saat pertama kali menjalin hubungan agar dapat memenuhi rasa excitement di dalam dirinya.

Dia Merasa Tidak Diinginkan

Dia menginginkan hal yang lebih dari hanya sekadar istri, pasangan, atau sebagai ibu dari anak-anak kalian. Maksudnya adalah dia tidak hanya ingin diperlakukan biasa, dia ingin diperlakukan penuh cinta dan sayang seperti saat kalian pertama kali bersama. 

Dia merasa perlu untuk dihargai dan diinginkan, tidak hanya dibutuhkan atas apa yang dapat dilakukan untuk kamu. Kamu mungkin menganggap keinginannya adalah hal sepele, tetapi dia akan menganggap kamu tidak menghargainya. 

Selingkuh Bisa Menjadi Jalan Terakhir Untuk Memenuhi Kebutuhan Seksual

Bisa jadi kamu tidak menunjukkan ketertarikan pada seks atau tidak bisa memenuhi kebutuhan seksualnya. Ini bisa menjadi masalah karena dia tidak mendapatkan kepuasan yang diinginkan dari pasangannya sendiri. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan seksualnya, dia melakukannya dengan orang lain yang dapat memberikan apa yang mereka inginkan.

Selingkuh = Balas Dendam

Mungkin dia ingin membalas dendam karena kamu berselingkuh atau dia melihat kamu menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang lain dan disitu dia mencurigai kalau kamu selingkuh. 

Dia berpikir kalau pasangannya selingkuh, maka untuk melampiaskan amarahnya dengan cara selingkuh juga. Bisa juga dia sedang mencari cara untuk menunjukkan kepada kamu apa yang terjadi ketika kamu mengabaikan dia dan meninggalkannya.

Pernah Selingkuh Sebelumnya

Jika dia pernah berselingkuh dari mantan pasangannya, kemungkinan besar dia akan berselingkuh dari kamu cukup besar. Konon, tobatnya di masa lalu karena selingkuh bukanlah jaminan bahwa dia tidak akan selingkuh lagi saat bersama kamu.

Walaupun seseorang berhak dengan kesempatan kedua, namun nggak ada salahnya lebih aware dengan ciri-ciri istri selingkuh berikut.

Walapun alasan di atas memang menurut psikologi, namun bukan menjadi pembenaran seseorang melakukan perselingkuhan. Semua masalah yang menjadi alasan seseorang berpaling dengan orang lain, bisa diselesaikan atau agar lebih fair, akhiri hubungan kalian.

Selain penyebab istri berselingkuh, ada beberapa tipe atau mekanisme dalam siri seseorang yang mendorong mereka melakukan perselingkuhan. Namun ingat na, karakter di bawah ini nggak boleh menjadi bukti menuduh seseorang tidak setia.

  • Istri dengan kemampuan komunikasi yang buruk. Mereka nggak mampu mengomunikasikan kebutuhannya kepada suaminya, sehingga kesalahpahaman cenderung bertambah seiring berjalannya waktu.
  • Istri yang memiliki masalah kontrol karena mereka cenderung menemukan semangat baru dari waktu ke waktu
  • Istri dengan kecenderungan narsistik rentan selingkuh karena mereka tidak memikirkan pasangannya dan hanya memikirkan diri sendiri serta kepuasannya.

2 dari 5 halaman

Ciri-ciri Istri Selingkuh © Diadona 

Meski beberapa ciri-ciri istri selingkuh berbeda tiap individu, namun ada beberapa utama yang terlihat.

1. Istri Berhenti Peduli

Seorang istri memang identik dnegan kepeduliannya terhadap detail kecil tentang suami dan hubungan mereka. Tapi ketika dia berhenti peduli, Anda punya alasan buat khawatir. Bisa saja ini merupakan ciri-ciri istri selingkuh.

2. Mengubah Penampilan

Saat berkencan, seorang perempuan biasanya berdandan untuk memikat pasangannya. Tapi setelah pacaran, sepertinya dia udah berhenti perduli dengan penampilannya. Ini normal, kan?

Tapi, ketika dia tiba-tiba mulai berpenampilan seolah sedang kencan lagi saat sedang keluar tanpa Anda, ini bisa jadi ciri-ciri istri selingkuh. Dia mungkin saja keluar untuk mengesankan pria lain. Mungkin saja.

3. Pakaian Dalam yang Seksi

Melansir Puamore, saat seorang wanita sedang jatuh cinta, mereka biasanya membeli pakaian dalam yang seksi. Ini karena dia sedang merasa seksi.

Atau bisa juga ciri-ciri wanita selingkuh muncul dari gimana dia berpenampilan lebih terbuka atau sensual, atau mungkin mengganti parfum atau mengubah make upnya.

4. Enggan Berhubungan Seksual

Dalam suatu hubungan, pasangan membangun keintiman dengan melakukan hubungan seksual. Tapi kalau nggak ada lagi minat, mungkin bisa jadi ini ciri-ciri istri selingkuh.

Tapi bisa juga karena alasan lain, karena nggak semua istri selalu dalam kondisi siap berhubungan seksual, bukan?

5. Punya Jadwal Rahasia

Saat istri tiba-tiba punya jadwal yang rahasia, bisa jadi itu karena ada kegiatan yang ingin dia sembunyikan.

6. Bersikap Defensif

Saat seseorang selingkuh dan takut ketahuan, mereka bakalan bersikap defensif. Apapun yang suami katakan dan minta akan dianggap sebagai tuduhan.

7. Sering Mengomel

Yup, seorang istri memang identik dengan suka mengomel. Tapi mengomel sebagai ciri-ciri istri selingkuh bakalan berbeda.

Mereka bakalan cenderung menyerang dan berargumen dnegan sedikt provokasi. Tindakan ini dilakukan untuk mencari celah kebenaran dari apa yang dia lakukan, sehingga seolah perselingkuhan yang dia lakukan terjadi karena hubungan kalian yang tidak baik, dan Anda yang salah di matanya.

8. Berbohong

Ketidakjujuran dalam pernikahan termasuk red flag. Ketidakjujuran ini bisa melibatkan kebohongan tentang perselingkuhan itu sendiri, atau pasangan kamu mungkin juga berbohong tentang hal-hal lain.

Tanda-tanda kecurangan yang potensial sebagai ciri-ciri istri selingkuh antara lain istri kamu berbohong tentang berbagai hal, dia akan gugup saat ditanya dengan siapa mereka atau apa yang sedang dia lakukan, dia menjadi lebih tertutup, dan teman-teman istri kamu tampak aneh tidak biasanya.

9. Kerap Menghindar

Jika istri kamu kerap menghindari mu, ini bisa menjadi ciri-ciri istri selingkuh. Terkadang orang yang berselingkuh menghindari pasangannya sehingga mereka tidak perlu menghadapi pertanyaan tidak nyaman tentang di mana mereka atau dengan siapa mereka.

10. Mereka Menuduh Kamu Selingkuh

Ketika seseorang merasa bersalah terhadap sesuatu yang telah mereka lakukan, memungkinkan bagi mereka untuk melampiaskan perasaan bersalah itu kepada orang lain, seperti menuduh mereka melakukan hal yang sama.

Dalam hal ini, istri kamu akan menuduh kalau kamu selingkuh, walaupun kamu tidak pernah menunjukkan tanda-tanda perselingkuhan. Kamu akan sering menghadapi tuduhan selingkuh terus-menerus dari dia, setiap kali kamu menanyai dia, mereka akan balik bertanya.

11. Dia Bosan dengan Kamu

Dia menjadi tidak tertarik untuk menghabiskan waktu bersamamu, kamu tidak lagi berada dalam daftar prioritasnya. Perilakunya akan terlihat dia tidak tertarik untuk berbicara dengan kamu.

3 dari 5 halaman

Ciri-cciri Istri Selingkuh © Diadona

12. Sikap Dingin

Salah satu ciri utam aistri selingkuh adalah sikapnya yang jadi dingin. Dia akan mulai menghidari percakapan, menghindari kontak fisik dan menolak kedekatan apapun dengan kamu.

13. Mood selalu Jelek

Istri mungkin mengalami hari-hari yang buruk yang membuat moodnya nggak bagus. Tapi kalau dia merasa kesal sepanjang waktu tanpa alasan, sikap tersebut bisa merupakan ciri-ciri istri selingkuh.

Alasannya, dia sedang dimabuk asmara dengan kekasih barunya dan merasa bahwa kamu adalah penghalang.

14. Ada Banyak Banget Privasi

Kalau kamu bertanya kepada banyak orang tentang ciri-ciri istri selingkuh, sebagian besar dari mereka pasti menjawab bahwa istri jadi lebih punya banyak privasi.

Misalnya, HP yang tiba-tiba dikunci, menampilkan opsi 'Jangan Ganggu' di HP mereka saat sedang bersama suami, atau seperti sedang berkomunikasi secara rahasia.

15. Memperlakukan Suami seperti 'Tak Kasat Mata'

Ciri-ciri istri sleingkuh lainnya yakni dia memperlakukan suami seolah tak kasat mata. Istri nggak lagi menanyakan kabar suami, nggak lagi menyambut suami pulang kerja, bahkan sangat mungkin jadi nggak pernah ngajak ngobrol lagi.

16. Tiba-tiba Jadi Mandiri

Kalau sebelumnya dia seolah selalu harus minta bantuan kamu, tiba-tiba aja nih dia jadi mandiri. Dia jadi bisa melakukan semuanya sendiri, pergi kemanapun seorang diri.

17. Sering Ngajak Berantem

Hal kecil pun bsia dibesar-besarkan. Ini karena segala sesuatu jadi nggak tertahankan, semuanya serba salah dan udah nggak menarik lagi. Kalau pola ini terus berlanjut dan nggak cuman terjadi beberapa kali aja, sangat mungkin ini adalah ciri istri selingkuh.

18. Nggak Lagi Curhat Seperti Sebelumnya

Soalnya, kamu udah bukan orang kepercayaan dia lagi. Ciri-ciri istri selingkuh ini juga terjadi karena dia udah menceritakan masalah hidupnya kepada selingkuhannya.

19. Berhenti Bilang 'I Love You'

Jika dia seolah enggan bilang 'I Love You' dan tak seperti sebleumnya, sebenernya bisa dibilang itu adalah satau satu ciri-ciri istri selingkuh yang lumayan utama. I Love You adalah pengingat yang bagus akan kekuatan ikatan, tetapi jika hal ini hilang, hal itu dapat merusak hubungan.

20. Nggak Merespon Kata-kata Cinta

Kita semua tahu betapa pentingnya arti kata “ I Love You” bagi perempuan. Bahkan mereka kerap bertanya apakah pasangan mereka mencintai mereka, bukan?

Tapi bila kata cinta yang dilontarkan kepada seorang istri sering kali tak ada jawaban, ini mungkin adalah sebuah pertanda.

21. Terlihat Tidak Tenang

Menutupi sesuatu yang besar bukanlah hal yang mudah. Makanya, dia mungkin akan terlihat nggak tenang, takut ketahuan dan lainnya.

22. Kejanggalan dalam Keuangan

Bisa berupa atiba-tiba dia menghabiskan banyak uang untuk sesuatu hal, atau tiba-tiba dia menerima uang atau pemberian yang nggak tau dari mana semua itu berasal.

23. Nggak Lagi Tertarik dengan Kehidupan Suami

Meskipun sedang sibuk, seorang istri biasanya tertarik dengan kehidupan suaminya. Namun bila semuanya tak lagi sama, misalnya nih dia bersikap bosan atau nggak mendengarkan sama sekali, sangat mungkin bahwa ini adalah ciri-ciri istri selingkuh.

24. Mengkritik Kekurangan Suami

Istri tiba-tiba mulai mengkritik dan mulai menunjukkan kekurangan amu seolah kamu nggak pernah melakukan sesuatu dengan benar. Kemungkinan besar, dia telah menemukan orang lain.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Istri Selingkuh di Tempat Kerja

Ciri-Ciri Istri Selingkuh © Diadona

Sebagian besar waktu kita dihabiskan di tempat kerja. Selain bisa berbahaya untuk kesehatan, ini juga bisa berbahaya untuk hubungan asmara, bila menemukan godaan hati di sana.

Kalau Anda curiga istri Anda melakukan perselingkuhan di kantor, coba cermati ciri-ciri berikut:

25. Sering Bekerja Lembur

Bekerja lembur adalah salah satu alasan yang bakalan istri berikan untuk memperpanjang waktu perselingkuhannya. Bisa saja dari yang semula jarang pulang larut, lalu tiba-tiba jadi sering menghabiskan banyak waktu mereka di tempat kerja.

Tapi, nggak berarti ini jadi ciri-ciri istri selingkuh ya. Bisa saja memang ada pekerjaan yang sedang dia selesaikan.

26. Sering Bepergian dengan Alasan Pekerjaan

Namun bukan berarti pasangan yang memang sering pergi keluar kota untuk bisnis adalah ciri-ciri istri selingkuh. Bisa saja memang pekerjaannya menuntut demikian, bukan?

Tapi, ada kemungkinan kalau intensitasnya jadi sering dan nggak biasa dia lakukan sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Istri Selingkuh Lewat HP

Ciri-Ciri Istri Selingkuh © Diadona

Marak banget perselingkuhan yang terjadi karena pelaku berkomunikasi lewat HP dengan pasangan gelapnya. Bisa saja karena terhubung lagi dengan seseorang, atau HP membuat perkenalan jadi lebih luas, memunculkan sosok baru yang lebih menggoda.

Gimana ciri-ciri istri selingkuh lewat HP?

27. Sering Memakai Hp secara Rahasia

Misalnya, seolah tergantung dengan ponsel atau laptop sepanjang hari. Kalau yang sebelumnya cuek aja tuh handphone ada di mana, lalu kemudian berubah jadi membawanya kemana-mana. Kalau sebelumnya HP dibiarkan tanpa kode pengamanan, lalu tiba-tiba jadi seperti surat penting negara.

Lalu bisa saja Anda menemukan banyak percakapan di HP nya yang menghilang, atau tiba-tiba jadi over protective dengan HP-nya.

28. Punya Akun Sosial Media yang Rahasia

Ini lah media yang digunakannya untuk berhubungan dengan selingkuhannya. Dan dari media sosial inilah kadang jadi pintu awal terbongkarnya perselingkuhan.

29. Terobsesi dengan Komunikasi Online

Yaitu istri jadi teropbesi buat segera membalasa pesan yang masuk di ponselnya. Tapi, ciri-ciri istri selingkuh ini nggak bsia dijadikan acuan karena bisa saja dia memang tipe orang yang suka sekali berkomunikasi via online.

30. Ada Aplikasi Pesan Baru

Istri kemungkinan akan menginstal aplikasi pesan baru atau yang tidak pernah digunakan sebelumnya, tanpa ada alasan yang jelas. Sebab dia ingin memisahkan jalur komunikasi antara orang dengan kekasih gelapnya.

31. Terlalu Lama Membuka Aplikasi Tertentu

Tahukah kamu kalau hampir seluruh aplikasi punya fitur berkirim pesan? Contohnya nih beberapa waktu yang lalu ketahuan bahwa Rendi Kjaernet dan Syahnaz Sadiqah menjalin hubungan terlarang dengan memanfaatkan fitur chat pada aplikasi Gojek.

32. Punya Lebih dari Satu Ponsel

Kalau misalnya istri punya dua ponsel sementara ponsel lamanya masih berfungsi dengan baik, dan menggunakan kedua ponselnya, makan bukan tak mungkin bahwa ini adalah untuk menyembunyikan hubungan gelapnya.

33. Sibuk Ketika Dihubungi

Mereka cenderung bertingkah sibuk ketika dihubungi. Ini karena mereka sibuk dengan orang lain, atau mengacuhkanmu karena bukan kamu orang yang mereka tunggu.

Ciri-ciri selingkuh yang kamu baca barusan ini bukan bertujuan untuk menjadi dasar tuduhan tanpa bukti, melainkan untuk menangkap sinyal-sinyal perubahan sikap istri. Bicarakan baik-baik sebelum mulai melakukan suatu tindakan yang bisa berpotensi membuat masalah dalam rumah tangga kalian.

Penulis : Dhewi Larasati dan Intan Lathifah

Beri Komentar