Agar Cepat Pulih, Ini Pantangan yang Harus Moms Perhatikan Pasca Operasi Caesar!

Reporter : Mila
Kamis, 28 Januari 2021 09:57
Agar Cepat Pulih, Ini Pantangan yang Harus Moms Perhatikan Pasca Operasi Caesar!
Pasca operasi caesar, ada beberapa pantangan yang harus Moms hindari.

Seperti yang kita ketahui bahwa melahirkan secara caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. Rata-rata wanita membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk kembali pulih setelah operasi.

Selama proses pemulihan ini banyak hal yang harus Moms diperhatikan, termasuk pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Apa saja ya kira-kira? Langsung aja simak artikelnya yuk!

1 dari 3 halaman

Pantangan Aktifitas Fisik

1. Melakukan Aktifitas Fisik Berat

Tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik seperti membawa barang yang beratnya melebihi bayi. Serta dilarang juga olahraga berat, seperti senam, bersepeda, dan berenang.

2. Berdiam Diri

Tidak boleh beraktifitas berat bukan berarti duduk atau berdiam seharian di rumah. Moms bisa melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh tetap bergerak seperti jalan kaki.

3. Berhubungan Seks 

Para ahli menganjurkan tidak melakukan hubungan seks dalam waktu 6 minggu setelah operasi. Ketika itu, rahim telah pulih kembali dan biasanya perdarahan sudah berhenti sepenuhnya. 

4. Kurang Tidur 

Meskipun memang sulit untuk mengatur waktu tidur karena harus merawat si kecil, tapi Moms harus pintar -pintar mencari waktu untuk beristirahat.

2 dari 3 halaman

Pantangan Merawat Luka Operasi Caesar

1. Tidak Menjaga Kebersihan Diri 

Tak perlu mengganti perban luka jahitan sendiri karena biasanya akan dilakukan ketika kontrol ke dokter. Yang perlu dilakukan cukup menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta memastikan bahwa area luka tetap bersih.

2. Membasahi Luka Bekas Operasi 

Jahitan operasi caesar akan dicabut 2-3 minggu pasca operasi. Untuk itu Moms harus menjaga agar jahitan tetap kering, sehingga pemulihan luka lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Pantangan Makanan dan Minuman

1. Diet Ketat 

Tak ada makanan atau minuman yang benar-benar harus dihindari. Tapi hindari melakukan diet ketat setelah operasi caesar. Meskipun Moms menginginkan berat badan kembali normal, tapi menjalani diet ketat justru membuat proses pemulihan semakin lama dan juga memengaruhi kualitas ASI.

2. Kurang Makan Serat dan Kurang Minum 

Biasanya Moms akan mengalami sembelit atau sulit BAB pasca operasi caesar. Hal ini pastinya membuat tidak nyaman, apalagi ketika mengejan akan menimbulkan rasa sakit pada luka operasi. 

Oleh karena itu, perbanyaklah makan makanan berserat dan minum air putih yang cukup.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar