Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim

Reporter : Mila
Rabu, 18 Januari 2023 10:57
Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim
Jangan lupa memperhatikan keamanan ya, Moms!

Saat menjalani masa kehamilan, Moms tentunya berharap agar janin yang dikandung senantiasa dalam kondisi yang sehatdan normal di dalam kandungan hingga saatnya persalinan tiba.

Tapi, tak jarang terdapat kondisi kehamilan tertentu yang bisa membuat Moms cemas dan khawatir akan keselamatan calon buah hati, salah satunya adalah posisi bayi sungsang.

Untuk mencegah kehamilan sungsang, salah satu bumil dari kalangan selebriti, Jennifer Bachdim, memeragakan posisi-posisi tubuh tertentu yang diklaim bisa mengubah posisi bayi sungsang.

1 dari 6 halaman

Bayi Sungsang Bisa Ubah Posisi Sendiri?

Memasuki masa kehamilan trimester ketiga, kelapa bayi pada umumnya terletak pada posisi yang terendah di dekat bagian panggul, dan mulai mempersiapkan diri untuk keluar.

Tapi, nyatanya pada beberapa kasus, posisi kaki bayi yang seharusnya mengarah ke atas bisa saja justru menggantikan posisi kepala yang seharusnya mengarah ke bawah. Inilah yang dinamakan dengan sungsang. 

Beberapa kondisi janin yang sungsang bisa mengubah posisinya sendiri menjelang persalinan, meskipun kemungkinannya cenderung rendah, yakni sekitar 1 dari 8 kasus. 

Melansir Romper, jenis olahraga low impact seperti yoga dan berbagai peregangan tubuh bisa berpotensi mengubah posisi janin yang sungsang di dalam kandungan. 

Salah satu artis yang mempraktikkan olahraga low impact untuk mengubah posisi bayi sungsang adalah Jennifer Bachdim. 

2 dari 6 halaman

Knee to Chest Exercise

Sesuai dengan istilahnya dalam bahasa Inggris, knee to chest exercise berfokus pada bagian dada dan lutut ibu hamil selama melakukan peregangan.

Cara mempraktikkannya dengan pertama-tama berlutut dengan kedua kaki, yang bisa dilakukan di atas lantai dengan dialasi yoga mat, maupun di atas ranjang kalau ingin lebih nyaman.

Kemudian, topangkan kedua tangan di atas lantai atau ranjang, lalu tarik bagian dagu ke arah dada, lalu dorong bokong ke arah belakang hingga baby bump dalam posisi terangkat. 

Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim © Diadona

3 dari 6 halaman

Breech Tilt Exercise

Sesuai juga dengan sebutannya dalam bahasa Inggris, jenis breech tilt exercise ini bermanfaat untuk mengembalikan posisi sungsang ke posisi normal untuk memudahkan kelahiran.

Pertama-tama, rebahkan tubuh dengan posisi telentang menghadap ke atas. Moms juga bisa menggunakan bantal sebagai alas supaya punggung terasa nyaman.

Kemudian, tarik perut ke arah atas, lalu turunkan kembali ke posisi awal. Moms bisa mengulangi gerakan naik-turun exercise ini selama sekitar 5 hingga 10 kali sesuai dengan kemampuan tubuh.

Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim © Diadona

4 dari 6 halaman

Forward Leaning Invasion Exercise

Menurut Jennifer Bachdim, gerakan tubuh yang satu ini pada dasarnya memiliki posisi yang hampir sama dengan exercise yang pertama, yakni knee to chest exercise.

Tapi, Jennifer menambahkan bahwa gerakan ini jauh lebih 'ekstrim' dibanding yang pertama. Sehingga Moms dianjurkan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter ahli kandungan.

Moms juga disarankan untuk melakukannya di ranjang atau sofa yang empuk agar nyaman. Gerakannya sama seperti gerakan pertama, tapi diintruksikan untuk menahan posisi ini lebih lama dan mengulangnya beberapa kali.

Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim © Diadona

5 dari 6 halaman

Kalau Moms ingin mempraktikkan tentunya harus tetap di bawah pengawasan dan pantauan ahli kandungan untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan ya!

Tips Mengubah Posisi Bayi Sungsang ala Jennifer Bachdim © Diadona

Beri Komentar