Apa Benar Makanan Pedas Bisa Bikin Kontraksi? Simak Faktanya Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 14 Januari 2023 10:57
Apa Benar Makanan Pedas Bisa Bikin Kontraksi? Simak Faktanya Moms!
Bagaimana pandangan medis tentang hal ini?

Rumornya, makan makanan pedas bisa membuat kontraksi pada ibu hamil. Hal ini sering dilakukan kalau ibu hamil tidak kunjung menunjukkan tanda melahirkan, padahal waktunya sudah tiba.

Lantas, apa kata dunia medis tentang makanan pedas yang memicu persalinan?

1 dari 4 halaman

Makan Pedas Tidak Memicu Persalinan

Banyak ibu hamil yang percaya bahwa makan makanan pedas memicu persalinan. Pasalnya, makanan pedas bikin perut mulas dan dipercaya merangsang kontraksi tanda melahirkan. Makanan pedas juga disinyalir mampu merangsang tubuh untuk melepaskan hormon prostaglandin melalui proses pencernaan. 

Sayangnya, teori yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan pedas membantu mempercepat kelahiran tidak tepat dan ditolak mentah-mentah oleh dunia kedokteran.

2 dari 4 halaman

Hingga saat ini, tidak ada hubungan antara makanan yang tersimpan di dalam lambung dengan kerja otot rahim untuk berkontraksi. Beberapa jenis makanan, seperti buah kurma dan minyak jarak, memang bisa merangsang kontraksi. Tapi, hasilnya belum cukup signifikan untuk membantu persalinan.

Satu-satunya cara yang bisa Moms andalkan untuk mempercepat kelahiran anak adalah dengan induksi medis di rumah sakit yang melibatkan obat-obatan.

3 dari 4 halaman

Apa Ibu Hamil Boleh Makan Pedas?

Pada dasarnya, makanan pedas tidak termasuk ke dalam pantangan makanan saat hamil. Jadi, Moms boleh saja mengonsumsi makanan pedas, asal:

  • Jangan mengonsumsi makanan pedas saat kondisi perut kosong.
  • Batasi porsi makanan pedas, terlebih kalau Moms memiliki kondisi kesehatan tertentu.
  • Hindari makanan pedas sebelum tidur. Kalau ingin, sebaiknya makan minimal tiga jam sebelumnya.
  • Dampingi makanan pedas dengan segelas susu atau makanan bertepung (roti atau biskuit) untuk membantu meminimalkan rasa panas dalam perut.
  • Makan satu sendok makan madu untuk mencegah heartburn setelah mengonsumsi makanan pedas.

Beri Komentar