Susah Hamil Anak Kedua? Kenali Penyebabnya yuk, Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 3 Desember 2020 09:30
Susah Hamil Anak Kedua? Kenali Penyebabnya yuk, Moms
Kenali penyebabnya yuk, Moms!

Setelah memiliki seorang anak, kadang Moms dan pasangan mendambakan anak kedua. Suasana yang ramai dengan banyak anak kadang jadi dambaan sebagian orang tua.

Meski banyak pasangan yang nggak memiliki masalah untuk hamil anak kedua, tapi nggak sedikit juga Moms ibu yang sulit untuk hamil buat kedua kalinya. Biasanya, kondisi ini sering disebut dengan infertilitas atau kemandulan sekunder.

Infertilitas sekunder sendiri yakni ketidakmampuan untuk hamil setelah melahirkan. Hal ini bisa saja terjadi pada sebagian wanita. Kira-kira apa sih penyebab wanita jadi sulit hamil anak kedua? Dikutip dari Cleveland Clinic, yuk Moms kita simak 5 penyebabnya.

1 dari 5 halaman

Faktor Usia

Ilustrasi Kesuburan Wanita © Diadona

Faktor usia berhubungan erat dengan tingkat kesuburan, Moms. Karena itu, nggak mengherankan bila salah satu faktor terpenting yang memengaruhi peluang wanita buat hamil adalah usia.

Faktor kesuburan wanita akan mulai menurun saat memasuki usia 35 tahun ke atas Moms. Hal ini karena produksi hormon estrogen dan progesteron yang semakin menurun seiring usia wanita.

Selain itu, perubahan hormon dan risiko penyakit tertentu juga meningkat seiring bertambahnya usia dan keduanya bisa memengaruhi kesuburan.

2 dari 5 halaman

Jumlah dan Kualitas Sperma yang Rendah

Tak hanya wanita, kesuburan pria juga sama berpengaruhnya. Apabila jumlah sperma rendah dan gerak sperma lambat membuat pembuahan bisa terhambat yang tentu bisa memengaruhi peluang hamil.

Usia, kesehatan, atau pengobatan kadang juga memengaruhi kualitas ataupun kuantitas sperma, Moms. Selain itu, kelelahan dan gaya hidup yang nggak sehat bisa pemicu lainnya pria mengalami penurunan kuantitas dan kualitas sperma.

3 dari 5 halaman

Kelebihan Berat Badan

Ilustrasi Wanita Gemuk © Diadona

Baik pada pria maupun wanita, kelebihan berat badan bisa menyebabkan kesulitan untuk hamil, Moms. Pada wanita, penambahan berat badan bisa menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan kadar testosteron yang bisa menghambat ovulasi.

Selain itu, tingkat implantasi lebih rendah bagi mereka yang kelebihan berat badan (atau kekurangan berat badan) dibandingkan mereka yang memiliki berat badan sehat.

Begitu juga pada pria, berat badan berlebih bisa meningkatkan kadar estrogen yang menyebabkan penurunan jumlah sperma.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Alkohol

Baik bagi pria maupun wanita, minum terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan masalah kesuburan, Moms.

" Konsumsi alkohol sedang hingga berat pada wanita (lebih dari dua minuman per hari atau lebih dari tujuh minuman per minggu) meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk hamil dan mengurangi peluang Anda melahirkan bayi yang sehat," ujar Dr. Chyntia Austin, seorang Ob/Gyn asal Amerika Serikat.

Begitu juga pada pria, mengonsumsi alkohol sedang sampai berat bisa mengganggu hormon sekaligus menghambat produksi sperma.

5 dari 5 halaman

Merokok

Ilustrasi rokok © Diadona

Nggak hanya buruk bagi kesehatan, merokok juga bisa merusak kesuburan Moms. Wanita yang merokok juga lebih mungkin mengalami kemandulan. Hal ini nggak lepas dari dampak merokok yang bisa merusak sel telur dan menyebabkan masalah ovulasi. Pada pria, merokok juga bisa merusak DNA sperma.

Nah, itu dia Moms lima penyebab Moms sulit hamil untuk kedua kalinya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar