Bingung Garis Pada Tespek Samar, Apakah Itu Pertanda Kehamilan?

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 13 Oktober 2020 09:06
Bingung Garis Pada Tespek Samar, Apakah Itu Pertanda Kehamilan?
Simak lebih lanjut ya moms

Kehamilan selalu ditunggu-tunggu oleh sepasang pasutri yang sudah menikah, beberapa cara dilakukan untuk mengidentifikasi kehamilan tersebut, salah satunya dengan cara test pack. Indikasi yang didapatkan ada dua, yaitu jika garis pada test pack muncul dua berarti ibu dinyatakan sedang mengandung, sebaliknya jika garis test pack hanya satu, ibu dikatakan tidak sedang mengandung. Namun, bagaimana jadinya jika garis tersebut masih samar-samar?

1 dari 2 halaman

1. Garis samar pada test pack yang berarti hamil

Garis testpack yang samar bisa disebebkan oleh kadar hormon kehamilan si ibu, hormon tersebut disebut human chorionic gonadotropin hormone (hCG) yang dideteksi memiliki kadar yang rendah pada tubuh. Jangan khawatir bu, seiring berkembangnya usia kehamilan, hormon ini nantinya akan semakin bertambah.

Yang kita tahu, test pack itu sendiri adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi Hormon hCG pada urin ini, jika hormon tersebut tinggi otomatis ibu bisa dikatakan postitif hamil, jika tidak bisa jadi ibu mengalami kondisi yang sudah dijelaskan di atas.

Jadi, perlu diingat semakin tingginya hormon hCG ini, semakin jelas pula garis yang ada di alat test pack tersebut.

2 dari 2 halaman

2. Garis samar pada test pack yang berarti tidak hamil

Setelah penjelasan diatas, Garis test pack yang samar tidak selamanya berindikasi rendahnya hGC dan menandakan postitif hamil. Bisa jadi garis samar pada test pack tersebut diakibatkan dari evaporasi pada alat test pack.

Hal ini terjadi karena garis pada test pack menguap dari stick test pack. Jika garis tersebut muncul, ibu bisa jadi salah mengartikannya. Craa membedakan antara garis samar karena evaporasi dan garis samar karena kekurangan hGC adalah pada waktu durasi mereka muncul. Garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.

Kalau ibu melakukan tes sendiri di rumah, penting sekali untuk membaca cara menggunakan test pack dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan ya! Semoga membantu

 

Beri Komentar