Ibu Hamil Suka Minum Air Hangat, Aman Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 9 Oktober 2020 06:30
Ibu Hamil Suka Minum Air Hangat, Aman Nggak ya?
Minum air hangat saat hamil kadang masih menjadi kekhawatiran bagi sebagian ibu.

Asupan cairan dalam tubuh memang sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Karena itu, banyak yang merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi banyak air putih dalam jumlah yang tepat. Air sendiri memang sangat bermanfaat untuk kesehatan selama kehamilan, termasuk minum air hangat.

Tapi nggak sedikit juga ibu hamil yang khawatir untuk mengonsumsi air hangat selama kehamilan. Untuk itu, berikut Diadona ulas mengenai minum air hangat selama kehamilan dan manfaatnya. Langsung saja yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil minum air putihIlustrasi ibu hamil minum air putih © freepik.com

Melansir dari Parenting Firstcry, minum air hangat selama kehamilan aman dan nggak membahayakan janin kok Moms. Selain itu, baik air bersuhu normal, dingin, maupun hangat sama-sama baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal yang terpenting, ibu hamil harus memperhatikan kecukupan cairan dalam tubuh.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih Selama Kehamilan

Sebenarnya, mengonsumsi air hangat sendiri memiliki banyak manfaat Moms. Berikut beberapa diantaranya.

1. Membantu Detoksifikasi dan Pencernaan

Minum air hangat akan membantu sistem pencernaan Moms dengan membuang semua racun dari tubuh. Selain itu, minum air hangat juga bisa membersihkan saluran pencernaan, melarutkan lemak, dan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Nutrisi ini kemudian dengan mudah diteruskan ke bayi.

2. Mengurangi Morning Sickness

Ilustrasi morning sicknessIlustrasi morning sickness © cdn.com

Morning sickness memang jadi tantangan tersendiri ya Moms. Mual sendiri disebabkan oleh dehidrasi sekaligus bisa menyebabkan dehidrasi. Karena itu, untuk menjaga diri Moms tetap nyaman dan terdehidrasi, Moms harus banyak minum air tak terkecuali air hangat.

3 dari 4 halaman

3. Meredakan Sembelit

Dengan begitu banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dan pola makan saat hamil, kemungkinan besar Moms akan mengalami sembelit. Sembelit sendiri memang jadi masalah umum selama kehamilan. Air hangat dikenal sebagai penangkal yang baik untuk sembelit dan akan membantu Moms buang air besar secara teratur.

4. Hidrasi yang Lebih Baik

Ilustrasi ibu hamil minum air putihIlustrasi ibu hamil minum air putih © sg.theasianparent.com

Minum air hangat akan memberikan hidrasi yang lebih baik sehingga bisa membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan lebih mudah. Dengan tingkat hormon ibu hamil yang berubah, sistem dalam tubuh akan membutuhkan semua hidrasi untuk melanjutkan fungsi normalnya. Selain itu, hidrasi yang cukup akan membantu Moms melawan masalah umum selama kehamilan seperti morning sickness, kram, dan pusing.

4 dari 4 halaman

5. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi air putih hangat selama kehamilan dipercaya mampu mengontrol berat badan. Hal ini karena air hangat mampu merusak timbunan lemak jahat sehingga mampu membantu ibu menurunkan berat badan selama kehamilan.

Jadi, aman-aman saja kok Moms untuk mengonsumsi air hangat selama kehamilan. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar