Setelah Kuret, Kapan ya Waktu yang Tepat Buat Hamil Lagi?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 13 Agustus 2020 13:30
Setelah Kuret, Kapan ya Waktu yang Tepat Buat Hamil Lagi?
Simak ulasan berikut yuk Moms.

Prosedur kuret tentu sudah nggak asing lagi didengar bagi ibu hamil. Kuret sendiri adalah prosedur yang digunakan untuk membersihkan dinding rahim pasca keguguran atau aborsi Moms.

Tak jarang, banyak wanita yang mengidamkan bisa hamil lagi setelah melakukan kuret. Tapi sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk mencoba hamil lagi setelah kuret? Berikut ulasannya, Moms.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Keguguran © Diadona

Melansir dari Parenting Firstcry, sebagian besar dokter biasanya menyarankan untuk menunggu setidaknya tiga bulan Moms sebelum mencoba hamil lagi.

Tapi hal ini tergantung juga pada seberapa awal keguguran yang Moms alami, dokter mungkin akan merekomendasikan Moms untuk menunggu lebih lama atau sebaliknya.

Meski begitu yang terpenting pastikan Moms benar-benar pulih dan siap secara mental dan fisik ya.

2 dari 5 halaman

Lalu, gimana sih cara meningkatkan peluang untuk hamil pasca kuret?

Meski banyak yang mengatakan kuret bisa mempengaruhi tingkat kehamilan, jangan berkecil hati dulu Moms karena Moms masih memiliki peluang hamil cukup tinggi kok. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Moms coba.

1. Konsumsi Makanan Kaya Asam Folat

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Nah, asam folat ini membantu dalam produksi sel darah merah sekaligus perkembangan otak bayi. Asam folat yang dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan bisa mencegah cacat lahir pada bayi.

Karena itu, untuk mempersiapkan kehamilan Moms bisa meningkatkan asupan asam folat dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin satu ini.

3 dari 5 halaman

 

2. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Ilustrasi Wanita Bahagia © Diadona

Terlalu kurus atau gemuk bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan. Karena itu, sebisa mungkin Moms menjaga berat badan yang sehat dan ideal untuk mempersiapkan kehamilan salah satunya dengan berolahraga setiap hari.

3. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga nggak kalah esensial Moms. Produk dengan olahan susu akan membantu mempersiapkan tubuh Moms untuk kehamilan dengan menyediakan kalsium dan protein.

Pola makan yang kaya protein, vitamin, dan mineral sangat penting Moms untuk kehamilan yang sehat. Jadi Moms bisa mulai mengkonsumsi susu, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran segar serta air.

4 dari 5 halaman

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi Wanita Olahraga © Diadona

Cara selanjutnya untuk meningkatkan peluang hamil yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat Moms. Hindari rokok dan minuman beralkohol serta lebih banyak minum air putih. Lalu imbangi dengan makan dengan gizi seimbang dan sering berolahraga.

5. Nyalakan Lagi Gairah Berhubungan Seksual

Terakhir, pastinya hubungan seks dengan pasangan. Bila Moms berhubungan seks di hari-hari subur, hal ini bisa meningkatkan peluang hamil Moms. Dengan berhubungan seks secara teratur bisa meningkatkan kemungkinan pembuahan. 

5 dari 5 halaman

Meski begitu ada juga kondisi dimana wanita mengalami masalah hamil pasca kuret. Hal ini karena adanya ketidakseimbangan hormon atau komplikasi langka yang disebut sindrom Asherman.

Bila Moms mengalami hal ini, Moms perlu berkonsultasi dengan dokter dan melakukan perawatan khusus untuk meningkatkan peluang hamil. Semoga bermanfaat ya, Moms. 

Beri Komentar