Menyusui saat Hamil, Aman Nggak ya Bagi Janin?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 11 Agustus 2020 16:30
Menyusui saat Hamil, Aman Nggak ya Bagi Janin?
Simak di sini yuk penjelasannya, Moms.

Meski menyusui bisa mencegah kehamilan, nyatanya nggak selalu demikian Moms. Bukan nggak mungkin Moms akan hamil lagi meski menyusui. Dalam kondisi ini, nggak sedikit wanita yang jadi merasa khawatir dan menimbulkan banyak pertanyaan.

Tapi sebenarnya aman nggak sih bila ibu menyusui saat hamil? Berikut ini penjelasan yang dilansir dari laman American Pregnancy.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu menyusui saat hamil © Diadona

Jawabannya bisa dibilang aman kok Moms. Mungkin banyak dari kita yang merasa khawatir ya tentang menyusui saat hamil ini karena menyusui sendiri bisa menyebabkan kontraksi uterus ringan.

Tapi sebenarnya pada kehamilan yang sehat, kontraksi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan Moms karena umumnya tak akan menyebabkan persalinan prematur.

2 dari 5 halaman

Hal ini disebabkan karena oksitosin, hormon yang dilepaskan selama menyusui yang merangsang kontraksi, biasanya dilepaskan dalam jumlah kecil Moms selama menyusui sehingga tak cukup untuk menyebabkan persalinan prematur.

Selain itu, kontraksi semacam ini pun juga tak berbahaya bagi janin dan jarang meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran.

3 dari 5 halaman

Kondisi Sebaiknya Ibu Menyapih Anak

Meskipun menyusui selama kehamilan umumnya dianggap aman, ada beberapa kasus di mana menyapih mungkin disarankan Moms seperti dalam sederet kondisi berikut ini.

1. Memiliki kehamilan berisiko tinggi atau berisiko mengalami persalinan prematur

2. Mengandung anak kembar

3. Pernah disarankan untuk menghindari seks saat hamil

4. Mengalami pendarahan atau nyeri rahim

Nah, bila Moms mengalami kondisi di atas, sebaiknya bicarakan dengan dokter untuk menentukan apakah pilihan menyapih jadi solusi yang terbaik.

4 dari 5 halaman

Tantangan Menyusui saat Hamil

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Menyusui saat hamil bukan berarti bebas dari tantangan ya Moms. Ada beberapa tantangan yang akan dihadapi ibu saat hamil sambil menyusui. Misalnya, mual dan puting yang sakit. Faktanya, hampir 75% ibu mengalami nyeri pada puting saat dalam kondisi ini.

Bila Moms memutuskan untuk menyusui saat hamil, penting bagi Moms untuk makan dengan baik demi kesehatan anak yang sedang menyusui dan bayi dalam kandungan.

5 dari 5 halaman

Asupan kalori yang Moms butuhkan tergantung pada berapa usia anak. Moms akan membutuhkan sekitar 500 kalori tambahan per hari jika buah hati mengonsumsi makanan lain selain ASI atau 650 kalori lebih banyak jika ia berusia kurang dari enam bulan.

Itu dia Moms informasi tentang menyusui saat hamil. Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya Moms pertimbangkan dengan matang dan bila perlu mengonsultasikannya dulu pada dokter. Semoga membantu.

Beri Komentar