Perut Sering Kram Setelah Melahirkan Bisa Bahaya! Yuk, Kenali Gejalanya

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 13 Mei 2020 15:37
Perut Sering Kram Setelah Melahirkan Bisa Bahaya! Yuk, Kenali Gejalanya
Kram setelah melahirkan bisa terasa sangat menyakitkan.

Banyak ibu hamil yang sudah merasa menyiapkan segalanya sebelum melahirkan. Tapi salah satu hal yang nggak banyak diketahui justru adalah rasa kram setelah melahirkan yang minta ampun sakitnya.

Dilansir dari Parents.com, kram setelah melahirkan biasanya terasa seperti kontraksi atau kram mesntruasi yang sangat menyakitkan. Kram ini juga sering disebut dengan kram postpartum yang sangat umum terjadi pada ibu setelah melahirkan.

1 dari 5 halaman

Penyebab kram postpartum

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Menurut Rachel Borton, Ph.D, asisten profesor keperawatan di Bradley University, kram postpartum disebabkan oleh rahim yang menyusut dan kembali ke ukuran yang normal. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar enam minggu hingga rahim menyusut ke ukuran normal.

Hormon oksitosin juga menjadi salah satu hormon yang menyebabkan kram postpartum yang dialami ibu. Hormon ini juga yang memengaruhi perkembangan persalinan dan menyusui.

2 dari 5 halaman

Kram postpartum memang normal ternjadi pada ibu yang baru melahirkan. Tetapi nggak semua ibu mengalami hal ini lho. Kadang hal ini bisa terjadi pada kehamilan pertama atau kehamilan selanjutnya. Bahkan bisa menjadi lebih buruk atau nggak ada sama sekali.

Biasanya ibu yang mengalami kram postpartum adalah mereka yang punya rahim terlalu tinggi. Beberapa ibu mengatasinya dengan mengonsumsi obat khusus sesuai dengan anjuran dokter.

3 dari 5 halaman

Lamanya kram postpartum

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Meski rahim membutuhkan waktu 6 minggu untuk kembali normal, tapi kram postpartum nggak akan terjadi selama itu. Menurut Dr. Borton, kram akan biasanya terjadis elama dua sampai tiga hari setelah melahirkan.

Kram postpartum merupakan jenis kram yang cukup ringan. Seharusnya rasa nggak nyaman akan segera hilang satu minggu setelah melahirkan.

4 dari 5 halaman

Mengatasi kram postpartum

Ilustrasi Ibu dan Bayi © Diadona

Kram postpartum bisa terasa sangat nggak nyaman dan menyakitkan. Jika nggak tahan dengan sakitnya, kita bisa meminta resep obat pada dokter untuk meredakan rasa sakit. Selain itu obat dari dokter biasanya disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh dan aman dikonsumsi saat menyusui.

Selain itu kita juga bisa menggunakan trik sederhana yang biasa kita lakukan saat mengalami rasa sakit menstruasi. Kita bisa meletakkan botol berisi air panas pada perut bagian bawah untuk mengurangi rasa sakitnya.

5 dari 5 halaman

Kondisi kram postpartum yang berbahaya

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Dr. Borton mengungkapkan jika kram nggak hilang dalam waktu yang seharusnya maka ibu perlu waspada dengan hal itu. Selain itu jika rasa sakitnya terasa sangat 'tajam', sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal yang sama juga berlaku jika kita melihat ada cairan atau bau yang nggak biasa dan mengalami demam. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah bahaya yang bisa saja terjadi pada kita.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

 

Beri Komentar