Sering Bikin Khawatir, Aman Nggak sih Bersepeda saat Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 26 Agustus 2020 07:30
Sering Bikin Khawatir, Aman Nggak sih Bersepeda saat Hamil?
Aman nggak ya kira-kira?

Di era new normal ini, bersepeda jadi salah satu olahraga yang banyak digemari. Bersepeda sendiri memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tapi bagaimana nih bila kita sedang hamil?

Saat hamil tentu banyak hal yang tak bisa dilakukan secara sembarang ya Moms, termasuk masalah olahraga. Kalau begitu, sebenarnya aman nggak sih bagi ibu hamil untuk bersepeda?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Hello Sehat, bersepeda saat hamil sebenarnya bukan jadi masalah bila Moms suka dan sudah terbiasa. Bahkan, American Congress of Obstetricians and Gynecologists menyatakan bersepeda saat hamil memang aman selama nggak dilakukan dengan berat.

Tapi hal ini akan berbeda bila Moms nggak terbiasa bersepeda karena bisa meningkatkan risiko terjatuh. Tentunya, hal ini akan sangat membahayakan janin.

2 dari 5 halaman

Risiko apa sih yang bisa terjadi saat bersepeda selama kehamilan?

Meski memiliki banyak manfaat, bersepeda saat hamil juga berisiko Moms. Berikut beberapa risiko yang perlu Moms perhatikan.

1. Trimester Pertama

Bersepeda selama trimester pertama kehamilan ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati Moms. Pasalnya, trimester awal ini adalah masa dimana janin mulai berkembang. Jadi sangat penting mengurangi berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi.

Kegiatan bersepeda pada tahap ini harus dibatasi seminimal mungkin Moms. Bila Moms merasa mual atau terlalu lelah, jangan memaksakan diri untuk bersepeda.

3 dari 5 halaman

2. Trimester Kedua

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Trimester kedua ini sebenarnya waktu yang cocok bila Moms ingin bersepeda. Kenapa? Karena janin sudah berkembang dan biasanya Moms sudah mendapatkan energi Moms kembali.

Selain bermanfaat menjaga berat badan, bersepeda saat hamil bisa juga membantu meredakan sakit atau nyeri yang biasa dialami ibu hamil. Tapi tetap saja, Moms perlu waspada dan jangan memaksakan diri saat bersepeda.

3. Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga ini, perut yang semakin membesar terkadang membuat gerakan kita jadi terbatas. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan masalah saat bersepeda. Hindari juga bersepeda di jalan yang menanjak ya Moms dan batasi waktu bersepeda tanpa membuat Moms merasa lelah.

4 dari 5 halaman

Tips aman bersepeda

Bila Moms tetap ingin bersepeda, perhatikan beberapa faktor keamanan berikut ini ya Moms.

1. Kayuh sepeda perlahan dan santai.

2. Pilih jalan yang mulus.

3. Bawa air minum untuk mengantisipasi bila Moms merasa haus di jalan.

4. Jangan bersepeda di jalanan yang basah.

5. Buatlah sepeda senyaman mungkin.

6. Sebaknya bicarakan pada dokter tentang kondisi kehamilan Moms lebih dulu apakah memungkinkan untuk bersepeda atau tidak.

5 dari 5 halaman

Bagi sebagia wanita mungkin bersepeda jadi salah satu olahraga yang menyenangkan. Tapi perlu diperhatikan juga ya Moms berbagai faktor risiko yang bisa terjadi.

Sebagai alternatif, Moms bisa menggunakan sepeda statis di balkon atau teras rumah selama kehamilan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar