Saat Perjalanan Jauh, Boleh Nggak sih Ibu Hamil Minum Obat Anti Mabuk?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 23 Juli 2020 15:30
Saat Perjalanan Jauh, Boleh Nggak sih Ibu Hamil Minum Obat Anti Mabuk?
Boleh nggak ya?

Mual dan morning sickness jadi gejala umum yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Tapi nggak menutup kemungkinan juga Moms akan merasa mual saat melakukan perjalanan.

Biasanya, saat mabuk perjalanan kita akan disarankan minum obat anti mabuk ya Moms. Tapi selama kehamilan, kira-kira boleh nggak ya tetap minum obat anti mabuk?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil mabuk perjalanan © Diadona

Melansir dari Firscry Parenting, boleh kok Moms mengonsumsi obat anti mabuk saat hamil. Tapi disarankan Moms benar-benar memastikan bahwa obat itu aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Sebelumnya Moms juga bisa berkonsultasi dan meminta persetujuan lebih dulu dari dokter. Hal ini juga berlaku untuk segala jenis obat yang ingin diminum ya Moms.

2 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski aman, Moms perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini saat minum obat anti mabuk selama kehamilan. Apa aja itu?

1. Hindari Obat yang Mengandung Scopolamine

Scopolamine mungkin nggak berbahaya Moms bagi bayi dalam kandungan, tapi obat ini bisa menyebabkan Moms merasa mual, gemetar, atau bahkan pusing yang parah.

2. Aman Mengonsumsi Obat yang Mengandung Dimenhydrinate

Obat-obatan seperti Dramamine aman Moms digunakan untuk menyembuhkan gejala mabuk perjalanan saat masa kehamilan.

3. Konsultasikan pada Dokter Kandungan

Meskipun obat-obatan tersebut aman dikonsumsi oleh ibu hamil, Moms tetap disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu pada dokter. Perl udiketahi bahwa setiap kehamilan berbeda Moms dan dokter tentu tahu apa yang terbaik untuk kita dan buah hati.

3 dari 4 halaman

Lalu, apa sih yang menyebabkan mabuk perjalanan saat hamil?

Ilustrasi ibu hamil mabuk perjalanan © Diadona

Ada beberapa penyebab Moms yang membuat kita mengalami mabuk perjalanan saat hamil. Diantaranya seperti bepergian setelah makan besar atau berat, keseimbangan dalam telinga terganggu, dan saat udara di sekitar pengap atau berasap.

Tapi biasanya penyebab paling umum mabuk perjalanan saat hamil yakni sinyal-sinyal bingung yang diterima oleh otak kita. Hal ini disebabkan adanya perbedaan antara gerakan aktual dan gerakan yang diharapkan bakal dirasakan oleh sistem pada sensor keseimbangan kita, Moms.

Beri Komentar