Saat Hamil Badan Pegel-Pegel, Kira-Kira Kalau Pijat Boleh Nggak Ya?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 23 April 2020 19:17
Saat Hamil Badan Pegel-Pegel, Kira-Kira Kalau Pijat Boleh Nggak Ya?
Ternyata nggak ada jaminan bahwa pijat pas hamil itu 100% aman.

Kehamilan adallah momen yang membahagiakan. Namun, terkadang badan jadi pegel-pegel apalagi bila kandungan makin berat, punggung bisa tambah pegel tentunya. Kira-kira saat hamil ini boleh pijat nggak ya?

Dilansir dari webmd.com, beberapa dokter tak bisa mengatakan bahwa pijat ini aman saat hamil apalagi karena adanya berbagai variasi tekanan pada tubuh. Tak ada sertifikasi yang bisa 100% menjamin keamanan dari pijat yang dilakukan ini.

1 dari 2 halaman

Terutama bila kandungannya masih muda dan masih berada di trimester pertama kehamilan. Risiko keguguran akan makin besar jika memaksakan diri untuk pijat karena kandungan masih muda dan belum benar-benar kokoh di perut ibu.

Meski tak benar-benar aman, bukan berarti kamu tak boleh pijat sama sekali saat hamil. Yang perlu diperhatikan benar-benar adalah teknik memijat yang digunakan. Pijatan harus dilakukan dengan sangat hati-hati terutama di bagian perut.

2 dari 2 halaman

Biasanya teknik yang digunakan yaitu dipijat lembut, diurut pelan pada bagian kaki. Semua pijatan pun harus dilakukan ke arah jantung. Pijatan lembut pada kaki ini akan meningkatkan volume darah secara drastis. Aliran darah pun akan makin lancar.

Meski begitu saat memijat ini tak boleh dilakukan dengan keras dsn perhatikan jika ada efeknya seperti muntah dan lain sebagainya. Pastikan sebelum pijat kamu sudah mengantongi izin dari dokter kandunganmu ya. Semoga kamu dan debaynya sehat selalu.

Beri Komentar