Perut Sering Kembung saat Hamil, Bahaya Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 27 Juli 2020 09:30
Perut Sering Kembung saat Hamil, Bahaya Nggak ya?
Moms sering mengalami juga?

Kehamilan jadi masa-masa membahagiakan ya bagi sebagian besar calon ibu. Biasanya, saat hamil kita memberikan perhatian ekstra dan nggak jarang merasa khawatir dengan hal-hal kecil yang terjadi pada kita. Termasuk saat mengalami kembung.

Sebenarnya bahaya nggak sih bila kita sering mengalami kembung saat hamil? Daripada berlama-lama, langsung kita simak ulasannya di bawah ini yuk, Moms.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari What to Expect, kembung selama kehamilan normal kok Moms. Biasanya perut kembung muncul sekitar minggu ke-11 kehamilan dan mungkin bakal berlangsung selama kehamilan sampai melahirkan Moms.

Kira-kira apa sih yang menyebabkan perut mengalami kembung saat hamil?

Hal ini nggak lepas dari peran hormon progesteron Moms. Progesteron ini menyebabkan jaringan otot polos di tubuh kita (termasuk pencernaan) jadi rileks yang memperlambat pencernaan, memberi nutrisi dari makanan yang kita makan lebih banyak waktu untuk memasuki aliran darah kita dan menjangkau janin.

2 dari 5 halaman

Penyebab Kembung

Nah, pencernaan yang lambat ini bisa menyebabkan kita merasa kembung dan kram. Ditambah lagi rahim kita semakin besar Moms yang meningkatkan tekanan ada rektum. Dalam keadaan yang serius, hal ini harus ditangani Moms agar nggak menimbulkan masalah yang lebih serius.

Selain hormon progesteron yang tinggi, penyebab lain perut kembung selama kehamilan bisa karena mual dan pengaruh makanan tertentu yang bisa menyebabkan gas di eprut kita meningkat Moms.

3 dari 5 halaman

Lalu, gimana sih cara mengurangi kembung saat hamil?

Ada beberapa cara yang bisa Moms coba untuk mengurangi kembung. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Minum banyak air putih

Dengan minum banyak air putih bisa membantu sistem pencernaan kita untuk menghindari sembelit Moms yang bisa memperburuk kembung.

2. Konsumsi banyak serat

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © Diadona

Mengonsumsi makanan yang kaya serat bisa jadi cara lainnya Moms untuk mengurangi sembelit dan perut kembung. Tapi pastikan jangan berlebihan ya Moms, bukannya mengurangi kembung hal ini malah meningkatkan produksi gas.

4 dari 5 halaman

Makan dengan porsi kecil

Semakin banyak makanan yang Moms makan, semakin banyak juga Moms produksi gas yang Moms keluarkan. Karena itu, makan dengan porsi yang lebih sedikit bisa jadi salah satu solusi mengatasi perut kembung.

Makan pelan-pelan

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Memang yang buru-buru itu nggak baik ya Moms. Sama juga saat kita makan. Makan dengan cepat dan buru-buru bisa menyebabkan perut nggak nyaman dan kembung. So, nikmati makanan dan makan dengan santai ya Moms.

5 dari 5 halaman

Rileks saat makan

Perasaan stres dan cemas saat makan juga bisa menyebabkan kembung, Moms. So, sebisa mungkin tenangkan diri sejenak ya Moms saat merasa stres dan jangan langsung melampiaskannya pada makanan.

Nah, itu dia seputar informasi tentang perut kembung selama kehamilan. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar