Apakah Ibu Mendengkur Saat Tidur Dapat Membayakan Janin?

Reporter : Prisma Difta
Minggu, 26 Juli 2020 08:07
Apakah Ibu Mendengkur Saat Tidur Dapat Membayakan Janin?
simak yuk penjelasannya moms

Banyak ibu hamil yang tidur mendengkur karena naiknya berat badan, ketidakseimbangan hormon, dan retensi cairan. Mendengkur saat tidur selama kehamilan perlu segera diwaspadai. Sebab kondisi tersebut bisa berdampak pada bayi yang akan dilahirkan.

 

1 dari 2 halaman

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan menemukan bahwa mendengkur selama kehamilan dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi. Para peneliti meneliti 1.673 ibu hamil selama trimester pertama mereka. Sejumlah 35% dari mereka mendengkur saat tidur. Riwayat medis mereka ditinjau ulang selama persalinan.

Ditemukan bahwa ibu yang mendengkur lebih dari tiga malam setiap minggunya berisiko tinggi mengalami masalah dalam persalinan, seperti harus menjalani operasi caesar dan melahirkan bayi dengan bobot rendah.

 

2 dari 2 halaman

Penyebab ibu hamil mendengkur saat tidur bisa dikarenakan oleh sejumlah hal. Dilansir dari halodoc.com, penyebabnya bisa meliputi tersumbatnya hidung, tingginya kadar hormon estrogen, gangguan tidur, dan peningkatan jumlah daah serta perkembangan pembuluh darah dalam tubuh ibu.

Jika kita mendapati diri kita tidur mendengkur selama kehamilan, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Umumnya untuk mengatasinya kita akan diarahkan pada upaya untuk menjalani kehamilan yang sehat. Mulai dari menjaga pola makan yang lebih sehat dan olahraga teratur. Coba tidur dengan bantal yang lebih tinggi dan pastikan selalu mengontrol tekanan darah dengan rutin.

Beri Komentar