7 Perairan Terbaik untuk Melihat Hiu yang Ada di Asia, Indonesia Juga Ada loh!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 15 Juli 2021 16:21
7 Perairan Terbaik untuk Melihat Hiu yang Ada di Asia, Indonesia Juga Ada loh!
Berani ke sana?

Hiu memang dikenal sebagai salah satu ikan karnivora yang menyeramkan. Meskipun begitu, hewan ini tetap menjadi satwa yang punya pesona tersendiri di mata para wisatawan.

Nah, beberapa perairan di Asia ini ternyata menjadi rumah bagi beberapa spesies hiu yang tak ganas. Bahkan, tempat ini menjadi spot diving sembari menyaksikan hiu secara langsung. Di mana itu?

1 dari 8 halaman

1. Malapascua, Filipina

Malapascua © Diadona

Malapascua berada di perairan Filipina. Malapuscua memiliki terumbu karang menawan yang menjadi rumah bagi hiu thresher.

Selain itu, ada juga hiu martil yang juga kerap terlihat di tempat ini di bulan Maret hingga April.

2 dari 8 halaman

2. Sipadan, Malaysia

Sipadan © Diadona

Malaysia juga punya spot untuk menyaksikan ikan Hiu. Namanya adalah perairan Sipadan. Perairan Sipadan berada di Sabah.

Di tempat ini, wisatawan juga bisa menjumpai hiu. Beberapa hiu yang bisa dijumpai adalah hiu black tip, hiu macan, dan hiu martil. Selain itu, para penyelam juga bisa menjumpai penyu dan barakuda.

3 dari 8 halaman

3. Teluk Triton

Teluk Triton © Diadona

Teluk Triton berada di Kaimana, Papua Barat. Siapa yang menyangka jika lautan di Teluk Triton merupakan rumah bagi kawanan ikan karang besar seperti kerapu dan kakap.

Selain itu, siapa yang menyangka jika Teluk Triton juga terkenal karena keberadaan hiu paus raksasa.

4 dari 8 halaman

4. Derawan, Indonesia

Derawan © Diadona

Kepulauan Derawan berada di Kalimantan Timur, Indonesia. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan terumbu karang cantik yang menjadi habitat hiu.

Di Maratua, Kakaban, dan Sangalaki, pengunjung bisa menyelam dengan hiu paus, pari manta, penyu, dan banyak ikan besar lainnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Derawan adalah bulan April hingga Juli.

5 dari 8 halaman

5. Layang-Layang Atoll

Layang-Layang Atoll © Diadona

Layang-Layang Atoll berada di Kepulauan Spratly, tepatnya di tengah Laut China Selatan. Di sini, penyelam bisa melihat hiu dari dekat. Penyelam bisa melihat kawanan hiu, pari, paus, dan lumba-lumba.

Jenis hiu yang bisa ditemui di sini adalah hiu karang dan hiu martil. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pada bulan Februari hingga Juli.

6 dari 8 halaman

6. Fuvahmulah Atoll, Maladewa

Fuvahmulah Atoll © Diadona

Fuvahmulah Atoll adalah salah satu tempat yang ada di Maladewa. Fuvahmulah Atoll juga dijuluki sebagai Galapagos Maldives.

Di sini, kamu bisa menyelam dengan pemandangan ikan hiu berbagai jenis yang akan menemanimu seperti hiu macan, hiu martil, dan hiu thresher.

Gak usah takut, melansir dari CNN, hiu-hiu yang ada di Maladewa ini terkenal tidak agresif. Meskipun begitu, Zublu Diving merekomendasikan untuk menyelam bersama dengan operator selam yang sudah profesional.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah pada bulan Desember hingga Maret.

7 dari 8 halaman

7. Vaavu Atol, Maladewa

Vaavu Atoll © Diadona

Di Maladewa ada lagi nih perairan tempat para hiu berkumpul. Namanya perairan Vaavu Atoll. Di sini, terdapat celah sempit yang dipenuhi terumbu karang dan rumah bagi hiu karang abu-abu.

Beri Komentar