Minum Kopi Bisa Bikin Bayi Punya Tanda Lahir, Mitos atau Fakta?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 2 Desember 2020 06:30
Minum Kopi Bisa Bikin Bayi Punya Tanda Lahir, Mitos atau Fakta?
Minum kopi saat hamil dipercaya bisa sebabkan tanda lahir pada bayi.

Saat hamil Moms mungkin sering mendengar soal berbagai mitos tentang kehamilan. Salah satunya periha tanda lahir pada bayi.

Nggak sedikit yang mengatakan bila mengonsumsi kopi saat hamil bisa sebabkan tanda lahir pada bayi. Kira-kira hal ini fakta atau hanya sekadar mitos belaka ya?

Daripada penasaran langsung saja yuk kita simak ulasan mitos atau fakta kali ini yang diansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Minum Kopi Bisa Sebabkan Tanda Lahir pada Bayi?

Ilustrasi ibu hamil minum kopi

Nyatanya, minum kopi bisa sebabkan tanda lahir pada bayi hanya sekadar mitos Moms. Faktanya, minum 1-2 cangkir kopi saat hamil nggak berpengaruh pada perkembangan kulit bayi dalam kandungan.

Dikutip dari Alodokter, sebenarnya sampai saat ini penyebab terbentuknya tanda lahir pada bayi masih belum bisa dipastikan Moms. Ahli pun masih belum mengetahui kenapa ada bayi yang memiliki tanda lahir dan ada yang tidak.

2 dari 4 halaman

Sebenarnya, dari sisi medis sendiri, tanda lahir seseorang disebabkan oleh pembuluh darah yang terkumpul atau nggak tumbuh secara normal. Sementara itu, tanda lahir lainnya disebabkan oleh zat warna atau pigmen tambahan pada kulit.

Karena itu, minum kopi sama sekali nggak berhubungan dengan munculnya tanda lahir pada bayi Moms. Meski begitu, ibu hamil memang sebaiknya menghindari kopi secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

Risiko Minum Kopi saat Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum kopi

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya bisa menembus penghalang plasenta. Selain itu, beberapa penelitian mengaitkan konsumsi kafein yang tinggi dengan risiko keguguran yang lebih besar dan juga berat lahir bayi yang rendah.

Karena itu kebanyakan dokter merekomendasikan agar ibu hamil nggak mengonsumsi kopi lebih dari 200 miligram per harinya.

Beri Komentar