Makan Durian Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 6 Desember 2020 06:30
Makan Durian Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita, Mitos atau Fakta ya?
Durian dipercaya bisa tingkatkan kesuburan wanita lho, Moms.

Durian, buah yang dikenal sebagai "raja buah" ini seringkali dikaitkan dengan mitos kehamilan. Mulai dari durian yang dipercaya bisa memicu keguguran sampai bisa meningkatkan kesuburan wanita.

Tapi sebenarnya benar nggak sih mitos jika durian bisa meningkatkan kesuburan wanita? Daripada penasaran, langsung sja yuk Moms kita simak ulasannya yang sudah Diadona rangkum dari Mom Junction berikut ini.

1 dari 6 halaman

Durian Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita?

Ilustrasi wanita makan durian © Diadona

Jawabannya, fakta Moms. Nyatanya, durian juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita lho Moms. Ini dia beberapa manfaat durian yang bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita.

1. Mengandung Estrogen

Menurut Dr. K. Francis, kepala Departemen Botani di Bharathiar University, India, durian mengandung hormon estrogen, Moms.

2 dari 6 halaman

Meski hormon ini diproduksi secara alami dalam tubuh, pada beberapa wanita mungkin nggak tersedia pada tingkat yang cukup sehingga bisa menyebabkan risiko kemandulan.

Durian sendiri mengandung estrogen yang cukup tinggi Moms. Karena itu, buah satu ini dipercaya bisa membantu meningkatkan peluang hamil secara alami.

3 dari 6 halaman

2. Membantu Menjaga Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Nggak hanya tinggi estrogen, durian juga bisa mengurangi risiko terkait kelebihan berat badan Moms. Jumlah serat yang tinggi dan komposisi mineral serta air yang lengkap dalam buah durian bisa menjaga berat badan Moms tetap terkendali.

Memang benar, durian juga mengandung lemak. Tapi, nggak usah khawatir Moms karena kandungan lemak dalam durian adalah lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh.

4 dari 6 halaman

3. Bantu Obati Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Infertilitas akibat sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) juga jadi hal yang perlu diperhatikan, Moms.

Resistensi insulin jadi salah satu faktor utama yang bertanggung jawab atas PCOS sekaligus juga bisa menyebabkan sindrom metabolik. Sifat anti-inflamasi, anti-obesitas dan anti-hiperglikemik yang terkandung pada buah durian dipercaya bisa melawan beberapa komponen sindrom metabolik secara efektif.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Atasi Anemia

Ilustrasi Anemia © Diadona

Sebuah studi menemukan jika anemia berkaitan dengan susah hamil, Moms. Hal ini karena kurangnya zat besi yang berisiko membuat wanita mengalami anovulasi sementara ovulasi penting untuk bisa hamil. Zat besi sendiri penting Moms untuk pembentukan sel darah merah.

Durian mengandung asam folat dalam jumlah tinggi dan juga zat besi yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar