Konsumsi Pil KB saat Menyusui, Benar Bisa Pengaruhi Produksi ASI?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 24 Desember 2020 10:30
Konsumsi Pil KB saat Menyusui, Benar Bisa Pengaruhi Produksi ASI?
Simak penjelasannya di sini yuk, Moms.

Selama masa menyusui, tak sedikit pasangan yang memilih menunda tambah momongan agar lebih fokus mengurus si kecil. Menggunakan alat kontrasepsi salah satunya pil KB seringkali menjadi pilihan.

Tapi nggak sedikit yang menyebut jika mengonsumsi pil KB saat menyusui bisa berpengaruh pada ASI. Hal ini benar nggak ya? Daripada penasaran langsung saja yuk kita simak ulasannya yang dilansir dari Motherly berikut ini.

1 dari 5 halaman

Konsumsi Pil KB Bisa Pengaruhi Produksi ASI?

Ilustrasi pil KB © Diadona

Sebenarnya anggapan mengonsumsi pil kb bisa mempengaruhi ASI nggak sepenuhnya benar Moms. Hanya pil kb yang mengandung estrogen yang bisa memengaruhi produksi ASI. Hal ini karena estrogen bisa menghambat produksi ASI.

Karena itu, disarankan Moms untuk beralih menggunakan alat kontrasepsi non-estrogen seperti IUD maupun implan maupun pil progestin saat sedang menyusui. Hal ini karena keduanya nggak mengandung estrogen sehingga memiliki efek minimal bahkan nggak berpengaruh pada suplai ASI.

2 dari 5 halaman

Nggak hanya itu, kelebihan lainnya dari IUD dan implan yakni keduanya tahan lebih lama, lebih nyaman, dan Moms nggak harus mengonsumsinya setiap saat seperti pil KB.

Karena itu, dokter kandungan sekaligus profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Georgetown, Washington D.C., dr. Tamika Auguste mengaku selalu menyarankan pasiennya untuk menggunakan IUD maupun implan sebagai alat kontrasepsi saat menyusui.

3 dari 5 halaman

Menyusui Bukan Jaminan

Ilustrasi ibu menyusui saat sakit © Diadona

Dokter Auguste juga menyoroti mereka yang berhenti sepenuhnya menggunakan alat kontrasepsi dan hanya mengandalkan menyusui. Memang benar, menyusui seringkali dikaitkan sebagai alat kontrasepsi alami. Tapi sayangnya, nggak sedikit juga yang " meleset" dan akhirnya ibu hamil lagi.

Selain itu, dokter yang berbasis di Washington ini menampik anggapan bahwa wanita butuh beberapa waktu untuk bisa hamil lagi. Menurutnya, hal ini nggak benar.

4 dari 5 halaman

Beberapa wanita berpikir setelah melahirkan, butuh sedikit waktu untuk bisa hamil lagi, dan itu tidak benar. Beberapa wanita bahkan hamil pada bulan pertama setelah melahirkan," terangnya. Karena itu, memakai alat kontrasepsi diperlukan Moms meski sedang menyusui sekalipun.

Bila Moms ingin menggunakan alat kontrasepsi tapi sedang memberikan ASI ekslusif pada buah hati, maka alat kontrasepsi ini baru bisa digunakan saat si kecil sudah berusia enam minggu Moms.

Beri Komentar