Kapan sih Ibu Hamil Mulai Bisa Merasakan Tendangan Bayi dalam Kandungan?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 31 Agustus 2020 07:30
Kapan sih Ibu Hamil Mulai Bisa Merasakan Tendangan Bayi dalam Kandungan?
Simak ulasannya di sini yuk, Moms.

Masa kehamilan jadi masa paling membahagiakan ya Moms bagi kebanyakan ibu. Apalagi bila kita tahu buah hati berkembang dan tumbuh dengan baik dalam kandungan.

Bisa merasakan tendangan si kecil dalam perut juga jadi salah satu hal yang dinantikan selama kehamilan. Hal ini juga membuat kita merasa lebih dekat dengan si kecil.

Kalau begitu, kira-kira kapan ya ibu hamil mulai bisa merasakan tendangan si kecil dalam kandungan?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Melansir dari Web MD, biasanya ibu hamil akan mulai merasakan tendangan bayi sekitar minggu ke 16 dan 25 kehamilan Moms. Tapi bila Moms baru pertama kali hamil, mungkin Moms nggak akan merasakan gerakan bayi sampai mendekati minggu ke 25.

Beda lagi nih Moms bila pada kehamilan kedua, beberapa wanita mulai merasakan gerakan janin sejak minggu ke 13. Tendangan bayi ini akan lebih mungkin Moms rasakan saat dalam posisi tenang, baik duduk atau berbaring.

2 dari 4 halaman

Seberapa sering sih ibu hamil merasakan tendangan bayi?

Di awal kehamilan, Moms mungkin hanya akan merasakan beberapa tendangan kecil sesekali. Tapi saat bayi mulai tumbuh, biasanya pada akhir trimester kedua, Moms akan merasakan tendangan yang lebih kuat dan sering. Sebuah studi mengungkap bahwa pada trimester ketiga, bayi bergerak sekitar 30 kali setiap jam.

Bayi cenderung lebih banyak bergerak pada waktu-waktu tertentu Moms karena mereka bergantian antara bangun dan tidur. Bayi biasanya paling aktif antara jam 9 malam dan jam 1 pagi tepat saat Moms coba untuk tidur.

3 dari 4 halaman

Gimana bila ibu hamil nggak merasa bayi bergerak?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Bila usia kandungan Moms belum mencapai 25 minggu dan nggak merasakan bayi bergerak, jangan panik dulu Moms. Saat bayi mulai tumbuh, Moms akan bisa kok membedakan gerakannya dengan lebih baik. Selain itu, Moms juga akan tahu pada jam berapa saja bayi paling aktif.

Kurangnya gerakan juga bisa berarti bayi sedang tertidur, Moms. Ibu hamil mungkin merasakan lebih sedikit tendangan setelah minggu ke 32 karena bayi semakin besar dan memiliki sedikit ruang untuk bergerak.

4 dari 4 halaman

Bila bayi sudah mulai bergerak secara teratur dan Moms nggak merasakannya setidaknya 10 gerakan dalam 2 jam atau gerakannya melambat secara signifikan, nah saat inilah Moms harus segera menghubungi dokter. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar