Nggak Bisa Sembarangan, Berikut 5 Tips Aman Berjemur saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 25 Oktober 2020 06:30
Nggak Bisa Sembarangan, Berikut 5 Tips Aman Berjemur saat Hamil
Simak dulu tipsnya yuk, Moms!

Berjemur jadi salah satu rutinitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Berjemur sendiri memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, tulang, dan kesehatan mata.

Tapi nggak sedikit juga ibu hamil yang merasa khawator saat harus berjemur. Memang berjemur saat hamil lebih berisiko karena kulit ibu yang cenderung lebih sensitif selama kehamilan. Meski begitu, Moms masih bisa kok berjemur dengan aman selama kehamilan.

Melansir dari Alodokter, berikut 5 tips aman berjemur saat hamil yang bisa Moms coba.

1 dari 7 halaman

Ilustrasi wanita berjemur © Diadona

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tips aman berjemur saat hamil, kita kenali dulu yuk Moms risiko berjemur secara berlebih pada ibu hamil.

Melansir dari Verywell Family, meski sinar matahari sangat bagus untuk memnuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh, nyatanya terlalu banyak terpapar sinar matahari justru membawa dampak buruk lho Moms bagi tubuh terutama pada ibu hamil.

2 dari 7 halaman

Risiko Berjemur Terlalu Lama

Ada sederet masalah kesehatan yang mengintai ibu hamil bila terlalu banyak terpapar sinar matahari. Apa saja itu?

1. Risiko kanker

Siapa sangka, paparan sinar matahari, terutama yang mengakibatkan kulit terbakar bisa meningkatkan risiko kanker kulit (melanoma)lho Moms.

3 dari 7 halaman

2. Peningkatan suhu tubuh

Paparan sinar matahari bisa meningkatkan suhu tubuh, Moms. Saat hamil, ibu biasanya bisa lebih mudah mengalami dehidrasi, yang bila dibiarkan bisa berpotensi menyebabkan gejala persalinan prematur.

Saat suhu tubuh ibu naik, suhu janin juga ikut meningkat. Bila suhu tubuh ibu naik dalam waktu yang cukup lama, peningkatan suhu tubuh ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak janin.

3. Perubahan kulit

Selama kehamilan, hormon estrogen bisa meningkatkan risiko Moms mengalami chloasma atau bintik-bintik gelap di kulit saat terpapar sinar matahari dan sinar UV.

4 dari 7 halaman

Tips Aman Berjemur saat Hamil

Untuk menghindari sederet risiko ini, ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan bila ingin berjemur saat hamil. Apa saja tipsnya?

1.Pakailah topi floppy besar dan kacamata hitam

Topi floppy dengan permukaan yang lebar bisa melindungi kulit di area wajah Moms dan sekitarnya dari paparan sinar matahari yang berlebih.

2. Pakai sunblock atau sunscreen yang aman bagi ibu hamil

Ilustrasi memakai sunscreen © Diadona

Sunblock atau sunscreen jadi produk yang nggak boleh terlewatkan saat Moms ingin berjemur. Sunblock ini bisa melindungi kulit Moms dari efek buruk sinar matahari.

5 dari 7 halaman

Pakailah sunblock atau sunscreen dengan minimal SPF 30. Saat memilih sunblock, pastikan Moms menghindari produk yang mengandung bahan minyak dan oxybenzone ya. Bila Moms berencana akan berjemur dalam waktu lama, jangan lupa oleskan sunblock selama dua jam sekali.

3. Minumlah air yang cukup

Saat berjemur, jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

6 dari 7 halaman

4. Kenakan pakaian longgar dan tipis yang menutupi kulit

Ilustrasi ibu hamil berjemur © Diadona

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengenakan baju longgar dan berawarna terang saat berjemur. Hal ini bertujuan agar ibu nggak terkena paparan cahaya matahari secara langsung. Selain itu, pilihlah baju dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun agar nyaman.

5. Hindari bagian perut terbuka

Linea nigra atau garis melintang di area perut ibu hamil jadi salah satu masalah kulit yang sering dialami selama kehamilan. Untuk menghindari garis ini semakin gelap, karena itu ibu disarankan agar menggunakan pakaian atau pelindung yang menutupi bagian perut.

Beri Komentar