Jarang Disadari, Ternyata Tontonan Ibu Bisa Memengaruhi Bayi dalam Kandungan lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 26 September 2020 06:30
Jarang Disadari, Ternyata Tontonan Ibu Bisa Memengaruhi Bayi dalam Kandungan lho!
Tontonan ibu saat hamil ternyata berpengaruh pada janin, lho!

Menonton drama atau film memang sangat asyik ya Moms. Kadang, juga bikin kita jadi terbawa suasana. Aktivitas menonton ini biasanya jadi salah satu alternatif yang banyak dilakukan orang di kala bosan, termasuk juga ibu hamil.

Eits, tapi ternyata ada satu fakta menarik lho Moms antara tontonan ibu dan bayi dalam kandungan. Siapa sangka, ternyata tontonan ibu bisa mempengaruhi bayi dalam kandungan lho! Menarik, ya.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil menonton film © Diadona

Melansir dari Daily Mail, para ilmuwan menemukan bahwa bayi yang belum lahir bisa merespons emosi ibu saat menonton film. Seperti misalnya ia akan diam saat sang ibu menonton film sedih.

Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Nagasaki di Jepang, sepuluh ibu sukarelawan diminta untuk menonton klip berdurasi lima menit dari musikal Julie Andrews, The Sound of Music.

2 dari 5 halaman

Sementara empat belas lainnya menyaksikan klip sedih dari film karya Franco Zeffirelli, The Champ, dimana ada adegan anak laki-laki yang menangis atas kematian ayahnya.

Para ibu hamil diminta mendengarkan film ini dengan menggunakan earphone agar sang bayi nggak terpengaruh oleh soundtrack film.

Ilustrasi ibu hamil menonton film © Diadona

 

3 dari 5 halaman

Hasilnya, janin membuat gerakan seolah merangkul saat sang ibu menonton klip 'The Sound of Music' yang memberikan efek bahagia. Sebaliknya, bayi dengan ibu yang menonton klip sedih menjadi diam dan tenang.

Peneliti masih belum tahu Moms bagaimana bayi bisa memahami emosi ibunya, tapi mereka menduga bahwa aliran hormon yang dipicu oleh lapisan emosional dan ditransmisikan secara nggak langsung ke janinlah yang jadi penyebabnya.

Oleh krena itu, bisa dikatakan bahwa tontonan ibu juga bisa berpengaruh pada janin.

4 dari 5 halaman

Lalu, apa sih hubungan antara suasana hati, tingkat stres ibu dan janin?

Ilustrasi Ibu Hamil Nangis © Diadona

Suasana hati dan tingkat stres ibu sebenarnya berpengaruh Moms pada sang calon buah hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa calon ibu yang stres berisiko tinggi akan melahirkan secara prematur dan berpotensi mengalami kelahiran mati.

Selain itu, bayi yang lahir dari ibu yang mengalami stres, dua kali lebih mungkin memiliki IQ di bawah rata-rata, cenderung hiperaktif, dan menderita masalah emosional.

Beri Komentar