Minum Air Kelapa saat Hamil Bisa Bikin Kulit Bayi Cerah dan Bersih, Mitos atau Fakta ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 25 September 2020 06:30
Minum Air Kelapa saat Hamil Bisa Bikin Kulit Bayi Cerah dan Bersih, Mitos atau Fakta ya?
Beneran nggak ya?

Pasti Moms sering ya mendengar sederet mitos tentang kehamilan. Memang, nggak sedikit mitos mengenai kehamilan ini yang banyak beredar di masyarakat, salah satunya mengenai air kelapa muda.

Banyak yang percaya bila minum air kelapa saat hamil bisa bikin kulit calon buah hati jadi cerah dan bersih. Kira-kira ini hanya sekadar mitos atau memang fakta ya Moms? Daripada penasaran, langsung saja yuk kita simak ulasannya yang dilansir dari Halodoc berikut ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Kelapa Muda Hijau © Diadona

Jawabannya, mitos Moms.

Warna kulit sendiri nyatanya ditentukan oleh melamin atau pigmen pada kulit dan ini tentu berhubungan dengan faktor gen Moms. Jadi, nggak ada sangkut pautnya nih Moms dengan rajin minum air kelapa atau tidak.

Faktor gen ini biasanya akan didapat dari ayah dan ibu Moms. Nah, kombinasi gen keduanya lah nantinya yang kemungkinan akan menentukan warna kulit buah hati.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Kelapa saat Hamil

Meski begitu, air kelapa sendiri memiliki berbagai manfaat Moms bagi ibu hamil. Apa saja menfaatnya? Berikut beberapa manfaat minum air kelapa selama kehamilan yang dilansir dari Parenting Firstcry.

1. Membantu meredakan sembelit karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

2. Sebagai diuretik alami, air kelapa menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh, mengeluarkan racun dan membersihkan saluran kemih.

3. Mencegah dehidrasi karena kandungan elektrolit di dalamanya.

4. Bisa mengatasi mulas.

5. Air kelapa bisa menghidrasi tubuh yang bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi stretch mark yang disebabkan kehamilan.

6. Kandungan gula yang rendah dalam air kelapa bisa menurunkan risiko ibu mengalami diabetes gestasional.

3 dari 4 halaman

Kapan ya waktu terbaik minum air kelapa selama kehamilan?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Pagi hari jadi waktu terbaik Moms bagi ibu hamil untuk minum air kelapa. Mengapa? Karena nutrisi dan elektrolit yang terkandung di dalamnya mudah diserap saat perut kosong.

Air kelapa sendiri juga diyakini bisa membantu melawan dehidrasi akibat morning sickness selama trimester awal kehamilan. Selain itu, minum air kelapa di pag hari bisa membantu meredakan sembelit Moms karena kandungan seratnya yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Tapi meski kaya manfaat, tetap perlu diperhatikan ya Moms seberapa banyak konsumsinya. Hindari mengonsumsi air kelapa secara berlebihan, terutama bagi Moms yang sedang menjalani pengobatan tekanan darah karena kadar kalium dalam minuman ini bisa menurunkan tekanan darah.

So, minum air kelapa bisa bikin bayi memiliki kulit cerah hanya sekadar mitos ya Moms. Semoga membantu.

Beri Komentar