Hamil Bayi Kembar, Ini 5 Olahraga yang Aman Dilakukan Calon Ibu

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 28 September 2020 06:30
Hamil Bayi Kembar, Ini 5 Olahraga yang Aman Dilakukan Calon Ibu
Apa saja ya olahraganya?

Olahraga memang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh ya Moms. Meski hamil, bukan berarti Moms nggak bisa berolahraga dong. Memang nggak bisa dipungkiri banyak calon ibu terutama saat hamil bayi kembar merasa khawatir untuk berolahraga.

Tenang Moms, ada sederet olahraga yang bisa Moms coba saat hamil bayi kembar. Dilansir dari Web MD, langsung saja kita simak yuk Moms lima olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil berikut ini.

1 dari 7 halaman

Prenatal yoga

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Prenatal yoga jadi salah satu alternatif olahraga yang bisa Moms coba selama hamil. Olahraga satu ini selain bisa menjaga kebugaran, bisa juga membantu kelenturan dan kekuatan Moms.

Nggak hanya itu saja, prenatal yoga juga bisa melatih pernapasan Moms yang sangat berguna untuk proses persalinan nanti.Selain juga bagus untuk mengurangi stres dan sakit kepala selama kehamilan.

Kebanyakan instruktur yoga biasanya merekomendasikan untuk memulai kelas yoga pada trimester kedua kehamilan atau setelah usia kehamilan 14 minggu.

2 dari 7 halaman

Latihan dasar panggul

Karena kelebihan berat yang Moms alami karena hamil anak kembar sekaligus memiliki lebih banyak hormon kehamilan dalam tubuh, Moms mungkin akan mengeluarkan air seni saat batuk atau bersin. Nah, melatih otot dasar panggul secara teratur bisa membantu mencegah atau mengatasi masalah ini Moms.

Salah satu latihan dasar panggul yang bisa Moms coba yakni senam kegel. Senam kegel ini bisa membantu kelancaran proses persalinan sekaligus mengontrol otot-otot setelah melahirkan. Selain itu, senam kegel juga bisa membantu Moms mendapatkan lagi kontrol kandung kemih.

3 dari 7 halaman

Jalan santai

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Selama Moms merasa nyaman dan nggak mengalami nyeri panggul atau punggung, jalan kaki bisa dibilang sebagai salah satu olahraga yang baik selama kehamilan. Jalan kaki bisa membantu Moms tetap bugar tanpa mengganggu lutut dan pergelangan kaki. Satu lagi, cocok buat Moms yang ingin olahraga murah meriah alias gratis!

4 dari 7 halaman

Pilates

Olahraga pilates sendiri lebih berfoks pada otot perut dan dasar panggul Moms yang memang merasakan banyak tekanan karena beban yang dibawa oleh ibu hamil. Pilates ini bisa menghilangkan stres pada punggung dan panggul sehingga bisa membantu memposisikan bayi siap untuk lahir.

Tapi hindari posisi berbaring atau telungkup ya Moms dan carilah kelas pilates yang memang dikhususkan untuk ibu hamil.

5 dari 7 halaman

Berenang

ilustrasi berenang © Diadona

Olahraga satu ini bisa terasa lebih nyaman Moms dibanding lainnya. Kenapa? Karena air bisa membantu menopang berat beban yang Moms bawa. Air sendiri juga bisa menopang sendi dan ligamen saat berolahraga dan melindungi Moms dari cedera.

Berenang juga bisa membantu meredakan pembengkakan dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh varises yang umumnya dialami ibu hamil.

Tapi bila Moms menderita sakit punggung atau nyeri panggul, sebelumnya Moms bisa bicarakan lebih dulu pada dokter ya sebelum memutuskan berenang.

6 dari 7 halaman

Apa sih tanda-tandanya ibu hamil harus berhenti olahraga?

Moms sebaiknya berhenti olahraga bila mengalami salah satu dari gejala berikut ini. Apa saja itu?

1. Sakit punggung atau nyeri pada pingguL

2. Pendarahan

3. Penglihatan kabur

4. Mual

5. Pusing

6. Nyeri tajam di perut atau dada, dan masih banyak lagi lainnya.

7 dari 7 halaman

Meski olahraga kaya manfaat bagi ibu hamil, tapi tetap Moms perlu berkonsultasi lebih dulu sebelum melakukan aktivitas satu ini. Moms bisa membicarakan olahraga apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan selama kehamilan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar