Meski Usia Kehamilan Sama, Mengapa sih Ukuran Baby Bump Ibu Bisa Beda-Beda?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 29 September 2020 06:30
Meski Usia Kehamilan Sama, Mengapa sih Ukuran Baby Bump Ibu Bisa Beda-Beda?
Kira-kira apa ya penyebabnya Moms?

Kehamilan pastinya bisa dibilang sebagai sebuah anugerah ya Moms bagi banyak wanita. Seperti pengalaman tentang kesehatan lainnya, kehamilan juga berbeda lho Moms untuk setiap wanita termasuk masalah baby bump.

Di antara kehamilan, (ukuran baby bump) juga akan sangat berbeda,” kata Dr. Yolanda Kirkham, dokter obstetrician-gynecologist di Women’s College Hospital dan St. Joseph’s Health Centre Toronto yang dilansir dari Globalnews.

Tentunya, baby bump akan semakin membesar seiring usia kehamilan. Tapi mengapa ya ukuran baby bump bisa berbeda-beda pada setiap wanita? Ada beberapa baby bump terlihat besar dan yang lain justru sebaliknya?

Daripada penasaran langsung saja yuk Moms kita simak faktor yang menyebabkan baby bump berbeda pada setiap wanita yang dilansir dari globalnews.ca berikut ini.

1 dari 4 halaman

Otot Inti

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Otot inti ini bisa dikatakan sebagai kelompok otot yang penting dan vital untuk postur dan keseimbangan selain juga memengaruhi seberapa jauh baby bump keluar.

Jika seseorang sangat bugar dan melakukan banyak sit-up atau pilates dan memiliki otot inti yang kuat, maka otot rektusnya - yang merupakan otot perut di depan - akan kencang,” terang Kirkham.

Nah, otot perut yang kuat berarti rahim yang tumbuh akan tetap lebih dekat pada ototinti tubuh yang membuat baby bump kita tampak lebih kecil Moms. Sementara itu, bila otot inti ini sudah meregang akibat kehamilan sebelumnya, baby bump pada kehamilan selanjutnya mungkin akan terlihat lebih besar.

" Ototmu sedikit lebih elastis pada saat itu (hamil kedua atau ketiga)," sambung Kirkham.

2 dari 4 halaman

Tinggi dan Berat Badan

Tubuh wanita semuanya berbeda Moms dan berbagai ukuran baby bump juga mencerminkan hal ini. Bila wanita lebih tinggi, kehamilan mereka mungkin nggak terlihat sedini mereka yang bertubuh pendek.

Saat hamil, mungkin perut ibu yang bertubuh pendek akan nampak lebih besar karena lebih sedikit ruang bagi bayi untuk bergerak.

Nggak hanya tinggi badan, berat badan juga berpengaruh lho Moms pada ukuran baby bump. Dokter umumnya akan menyarankan ibu hamil menambah berat badan sekitar 11 sampai 15 kilogram tergantung dengan ukuran badan selama kehamilan.

3 dari 4 halaman

Hormon dan Tahap Kehamilan

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Kirkham mengatakan bahwa biasanya baby bump akan mulai terlihat sekitar 16 minggu kehamilan atau lebih Moms. Pada trimester pertama kehamilan, wanita mungkin akan mengalami morning sickness yang berupa mual dan muntah. Nah, bila ibu kesulitan makan, berat badannya mungkin akan mengalami penurunan.

Di sisi lain, bila wanita mulai menambah berat badan di awal kehamilan, area perut termasuk baby bump bisa terlihat lebih cepat Moms. Bisa juga hal ini karena peran hormon progesteron yang bisa menyebabkan perubahan bentuk perut juga.

4 dari 4 halaman

Selain itu, penting juga Moms bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter Moms untuk memantau kehamilan. Biasanya, dokter akan melakukan pengukuran berat badan dan tinggi fundus uteri yang memantau pertumbuhan janin.

Jadi, itu dia Moms tiga faktor yang bisa memengaruhi ukuran baby bump. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar