Kenapa ya Ukuran Perut Ibu Hamil Itu Berbeda-beda Tiap Orang?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 24 November 2021 11:57
Kenapa ya Ukuran Perut Ibu Hamil Itu Berbeda-beda Tiap Orang?
Ada yang baby bumpnya sangat besar, ada juga yang tidak tampak.

Setiap perempuan yang sedang hamil pasti akan mengalami kondisi yang berbeda-beda. Entah itu dari segi kesehatan, hormon, bahkan juga ukuran perut.

Beberapa perempuan akan terlihat memiliki perut yang lebih besar dari usia kandungannya. Tapi, ada juga yang terlihat memiliki perut rata padahal sedang hamil. Sering bikin panik dan bingung, ternyata kondisi ini wajar kok, Moms. Banyak faktor yang menyebabkan ukuran perut ibu hamil jadi berbeda-beda tiap orangnya.

Supaya lebih paham, simak penjelasan di bawah yuk!

1 dari 4 halaman

Otot Inti pada Perut

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Otot inti adalah serangkaian otot kompleks mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot yang berada di pagian sekitar pinggul tubuh manusia.

Otot inti sangat penting untuk menjaga postur dan keseimbangan. Nah, otot ini juga yang memengaruhi seberapa besar baby bump pada perut saat sedang hamil.

Kalau Moms adalah tipe orang yang rutin melakukan sit-up atau pilates dan memiliki otot inti yang kuat, maka otot rektus (otot perut bagian depan) juga ikut kencang. Itulah yang membuat benjolan perut ketika hamil terlihat lebih kecil.

2 dari 4 halaman

Berat dan Tinggi Badan

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Postur tubuh juga memeengaruhi ukuran perut bumil. Kalau Mams punya postur tubuh yang tinggi, bisa jadi ukuran perut saat hamil tidak begitu terlihat. Sebaliknya, kalau postur tubuh Moms tidak terlalu tinggi maka ukuran perut biasanya terlihat lebih besar. 

Tidak hanya tinggi badan, berat badan sebelum hamil juga berpengaruh pada ukuran perut ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Faktor Kehamilan Sebelumnya

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Ukuran perut ibu hamil juga bisa disebabkan oleh faktor kehamilan sebelumnya.

Kalau sebelumnya Moms pernah hamil, kemungkinan pada kehamilan selanjutnya perut akan cenderung lebih besar. Hal ini karena otot di perut cenderung lebih longgar.

Sebaliknya, ibu hamil dengan kehamilan pertama biasanya punya baby bump yang lebih kecil, karena otot-otot di perut belum longgar.

4 dari 4 halaman

Ukuran dan Jenis Kelamin Bayi

Ukuran bayi dan jenis kelaminnya juga memengaruhi besar-kecilnya perut ibu hamil. 

Beberapa orang percaya kalau si Kecil berjenis kelamin laki-laki, maka ukuran perut Moms akan jauh lebih besar dibandingkan dengan mengandung bayi perempuan.

Tentunya, kalau Moms hamil anak kembar, perutnya juga akan lebih besar ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar