Hati-Hati, Konsumsi Teh Berlebihan saat Hamil Bisa Berbahaya Bagi Bayi Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 24 Juli 2020 14:30
Hati-Hati, Konsumsi Teh Berlebihan saat Hamil Bisa Berbahaya Bagi Bayi Moms
Berapa cangkir teh ya yang sebaiknya?

Hampir sama dengan kopi, teh juga jadi salah satu minuman yang sering dikonsumsi setiap harinya. Memang, teh membawa beberapa manfaat ya Moms baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Tapi selama masa kehamilan, sangat disarankan lho Moms mengurangi asupan teh secara berlebihan. Kira-kira kenapa ya? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini Moms.

1 dari 5 halaman

Bahaya Kafein bagi Bayi

Ilustrasi ibu hamil minum teh © Diadona

Melansir dari Healhtline, sebaiknya Moms membatasi asupan teh yang mengandung kafein seperti teh hitam, hijau, putih, matcha, chai, dan oolong.

Kenapa? Karena kafein ini bisa dengan mudah melewati plasenta Moms, dan hati bayi yang belum matang mengalami kesulitan memecahnya. Karena itu, bayi dalam kandungan lebih mungkin mengalami efek samping dari kafein ini.

2 dari 5 halaman

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang terpapar terlalu banyak kafein selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi lahir prematur atau dengan berat badan lahir yang rendah bahkan cacat lahir.

Selain itu, asupan kafein yang tinggi selama kehamilan juga bisa meningkatkan risiko keguguran bahkan kematian pada bayi.

3 dari 5 halaman

Lalu, bagaimana nih dengan teh herbal, aman atau nggak ya?

Ilustrasi ibu hamil minum teh © Diadona

Memang, teh herbal nggak mengandung kafein Moms karena terbuat dari buah-buahan kering, bunga, atau rempah-rempah. Tapi mereka mungkin mengandung senyawa lain yang dianggap nggak aman selama kehamilan dan bisa saja mengakibatkan efek samping yang berisiko.

Selain itu, teh herbal tertentu juga bisa mengandung senyawa yang berinteraksi dengan obat-obatan Moms. Karena itu, Moms harus memberi tahu teh herbal apa yang sedang Moms konsumsi atau rencanakan untuk dikonsumsi pada dokter.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Teh yang Dianjurkan

Meski terbilang aman, sangat dianjurkan bagi Moms untuk membatasi asupan teh apapun itu setiap harinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi teh yang tinggi (lebih dari tiga cangkir per hari) bisa mengganggu penyerapan asam folat Moms yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

" Tapi jika kamu hanya mengonsumsi 2-3 cangkir teh per hari, kamu tak perlu terlalu khawatir," terang David Elmer, M.D., seorang Ob-Gyn di Nantuket Cottage Hospital, Massachusetts.

Beri Komentar