Heboh, Wanita Ini Baru Sadar Sedang Hamil 20 Menit Sebelum Melahirkan, Emang Bisa?

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 23 April 2020 10:25
Heboh, Wanita Ini Baru Sadar Sedang Hamil 20 Menit Sebelum Melahirkan, Emang Bisa?
Emang bisa ya? Simak penjelasannya ya!

Siapa sih ibu yang nggak mempersiapkan kehamilannya? Rata-rata seorang ibu yang ingin memiliki buah hati akan mempersiapkan kelahiran anaknya sedini mungkin.

Namun, berbeda dengan wanita ini. Ia sama sekali tak mempersiapkan kelahirannya, bahkan wanita yang bernama Karin ini baru tau bahwa ia hamil 20 menit sebelum melahirkan. Loh? Emang bisa ya?

 

1 dari 4 halaman

Kronologi Cerita

The Sun mengatakan, Hari itu, karin membangunkan suaminya dan mengatakan hal yang sedikit kurang masuk akal, namun kejadian itu nyatanya benar terjadi pada dirinya, ia mengaku bahwa sedang mengalami gejala mirip kontraksi pada perutnya

" Kehamilanku ini rasanya sangat berbeda dari persalinanku biasanya, jadi aku semakin yakin bahwa ini bukanlah tanda kehamilan, melainkan penyakit batu ginjal dan semacamnya,"

Suaminya yang akan bersiap-siap untuk kerja pada pukul 5 pagi pun sontak kaget dan berpikir bahwa hal tersebut sangatlah gila dan tak masuk akal. Setelah itu, ia pun bergegas menuju ke Rumah Sakit terdekat bersama sang istri

 

2 dari 4 halaman

Hamil tidak terdeteksi © Diadona

Karin pun menjelaskan semua kepada tenaga medis di rumah sakit tersebut, dan hanya selang tiga jam saja setelah bangun dari operasinya dengan rasa sakityang akhirnya ia namakan Katherine Allison Fortwrangler

Karin terlihat sangat bahagia memiliki buah hati yang cantik dan sehat meskipun kedatangannya tersebuy tanpa terdeteksi.

“ Jujur, saya menangis ketika mengetahui itu. Kami telah memutuskan bahwa kami tsudah tidak ingin memiliki anak, ddan akan merencanakan ini kelak jika memang ingin memiliki buah hati lagi. Namun, ini tiba-tiba terjadi dan akhirnya saya memiliki total 3 anak ditambah dengan Katherine ini, saya sangat bahagia” ungkapnya

 

3 dari 4 halaman

Apakah Ini Bisa Terjadi?

Mengutip The National Center for Biotechnology Information, kehamilan yang tidak disadari itu disebut Denial of Pregnancy atau kehamilan kriptik. Beberapa wanita yang mengalami denial of pregnancy biasanya baru sadar sedang berbadan dua, saat usia kehamilannya masuk 20 minggu. Meski begitu, kondisi kehamilan kriptik tiap wanita berbeda-beda. Bahkan, ada pula wanita yang baru sadar sedang hamil di trimester ketiga.

ilustrasi hamil © Diadona

Mereka yang mengalami kehamilan kriptik biasanya memiliki kadar hormon hCG yang rendah. Sehingga saat dites lewat urine melalui test pack, hormon tersebut bisa saja tidak terdeteksi. Anda pun kemudian mengira tidak hamil, karena test pack tidak menunjukkan garis dua atau tanda positif.

 

4 dari 4 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Ada pula beberapa penyebab lain kenapa kehamilan kriptik tidak terdeteksi oleh alat medis, misalnya seperti janin berada di belakang rahim menuju tulang belakang atau memang ada kesalahan pada alat USG tersebut. Selain itu, denial of pregnancy juga biasanya terjadi pada wanita yang punya jadwal menstruasi tidak teratur atau wanita yang divonis sulit punya anak, seperti:

1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS atau polycystic ovarium syndrome adalah gangguan keseimbangan hormon wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron yang tidak seimbang. Gangguan ini biasanya membuat jadwal menstruasi wanita tidak teratur. Wanita dengan PCOS juga biasanya didiagnosis sulit mendapatkan anak, meski kemungkinan hamil juga sangat bisa terjadi.

2. Perimenopause

Kondisi perimenopause biasa terjadi pada wanita yang akan mengalami menopause, yaitu ketika menstruasi terjadi lebih jarang dan pada akhirnya berhenti sama sekali. Yang perlu Anda tahu, gejala perimenopause ini mirip dengan tanda hamil, seperti kenaikan berat badan dan ketidakstabilan hormon.

Oleh karena itu, jika mengalami gejala perimenopause yang mirip dengan kehamilan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

3. Baru melahirkan

Siklus menstruasi wanita yang baru melahirkan bisa saja tidak teratur, bahkan ingga 1 tahun pascabersalin. Kondisi postpartum ini memang normal terjadi. Namun, jika Anda sudah tidak memberikan ASI eksklusif dan jadwal haid terlambat, ada baiknya periksakan kondisi ke dokter. Mungkin saja hal itu jadi gejala Anda hamil, Moms

Tulis tanggapan kalian di kolom komentar ya, moms!

Beri Komentar