Cegah Stres Berlebih, Berikut 7 Tips Jalani Kehamilan Sambil Mengasuh Anak yang Masih Balita

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 30 Oktober 2020 13:30
Cegah Stres Berlebih, Berikut 7 Tips Jalani Kehamilan Sambil Mengasuh Anak yang Masih Balita
Simak tipsnya berikut ini yuk, Moms.

Hamil kedua sekaligus mengurus anak pertama yang masih balita tentu bukan perkara yang mudah. Apalagi bila si kecil aktif bermain dan berlarian kesana kemari, tentu bisa jadi kewalahan ya Moms.

Hamil sendiri sudah cukup menyita banyak energi terutama pada trimester pertama. Dengan morning sickness, perubahan hormon, mood swing hal ini bisa meyebabkan Moms hanya punya sedikit waktu atau malah nggak ada waktu sama sekalu untuk si kecil.

Tak hanya itu, Moms juga bakal mudah kelelahan dan stres dengan berbagai aktivitas. Tapi tenang Moms, berikut Diadona rangkum 7 tips menghadapi kehamilan kedua saat mengurus balita yang dikutip dari Parenting Firstcry. Apa saja tipsnya?

1 dari 7 halaman

Susun Perencanaan

Ilustrasi membuat perencanaan © Diadona

Setelah Moms menyadari bahwa Moms sedang hamil, Moms punya waktu setidaknya 35 minggu untuk merencanakan segalanya termasuk kunjungan ke rumah sakit dan janji dengan dokter.

Moms bisa melibatkan pasangan dalam menyusun perencanaan ini. Moms dan pasangan bisa mulai dengan pertanyaan kecil seperti 'Berapa lama Moms akan cuti melahirkan? Apakah Moms akan memerlukan bantuan untuk mengurus anak pertama selama hamil?' dan lainnya.

Dengan menulis perencanaan ini, bisa menenangkan saraf Moms dan akan memberi Moms kendali atas keputusan besar sehingga bisa mengurangi stres.

2 dari 7 halaman

Jangan Ragu untuk Minta Bantuan

Ilustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © Diadona

Bila Moms dan pasangan mampu membayar asisten rumah tangga atau punya mertua atau kerabat yang tinggal dekat dengan rumah, jangan ragu untuk meminta bantuan. Seringkali sebagai ibu, Moms mencoba melakukan semuanya sendiri yang menyebabkan kelelahan. Karena itu jangan ragu meminta bantuan orang terdekat atau menyewa babysitter untuk menjaga si kecil bila memang dibutuhkan.

3 dari 7 halaman

Tidur siang

Ilustrasi ibu hamil tidur © Diadona

Menyempatkan waktu untuk tidur siang juga nggak kalah penting Moms, terutama untuk mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas. Moms juga bisa lho mengajak si kecil tidur siang bersama.

Tidur siang sendiri memberi banyak manfaat terutama saat hamil seperti menurunkan tingkat stres, memberikan energi untuk menghadapi sisa hari, meredakan sakit kepala, mengatasi insomnia, dan masih banyak lagi lainnya.

Bila Moms sulit tidur siang karena si kecil, Moms bisa juga minta bantuan suami atau babysitter untuk mengawasi si kecil lebih dulu dan tidur sebentar selama sekitar 15 menit.

4 dari 7 halaman

Latih Anak Agar Mandiri

Ilustrasi ibu hamil dan anak © Diadona

Mungkin si kecil akan mengikuti Moms kemana-mana dan sering minta bantuan, bila seperti itu Moms bisa mengajari anak untuk belajar menjadi sedikit mandiri. Seperti misalnya mengambil sendiri mainan yang mudah terjangkau.

Saat si kecil bisa menyelesaikan tugasnya sendiri, pastikan Moms memberikan apresiasi ya bisa dengan pelukan atau ciuman untuk mendorong si kecil agar selalu termotivasi.

5 dari 7 halaman

Olahraga

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Dengan kehamilan kedua sekaligus mengurus balita, mungkin Moms bakal lebih lelah dari sebelumnya. Cara terbaik untuk mencegahnya yakni dengan tetap aktif dengan berolahraga.

Saat Moms melakukan olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki atau jogging, tubuh akan melepaskan endorfin yang membuat Moms bahagia dan rileks. Hal ini bisa memberi Moms energi untuk menghadapi si kecil.

6 dari 7 halaman

Jangan Burn-Out

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Kesalahan yang sering dilakukan ibu saat kehamilan kedua adalah kelelahan. Berlari-keliling, mengerjakan tugas, mengurus keluarga bisa membuat Moms jadi kewalahan. Karena itu, Moms bisa meluangkan sedikit waktu untuk me time seperti pergi pijat, shopping, atau pergi ke salon untuk menghindari stres dan kelelahan.

7 dari 7 halaman

Tetap Relaks

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Perasaan Moms bisa memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Karena itu penting untuk tetap relaks selama hamil Moms. Bila pikiran Moms sedang diliputi perasaan negatif, Moms bisa duduk sejenak dan tarik napas dengan lembut.

Meditasi juga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meredakan rasa cemas dan stres Moms. Bila Moms kurang berminat meditasi, Moms juga bisa mencari aktivitas lainnya yang bisa jadi mood booster sekaligus buat Moms jadi lebih relaks.

Itu dia 7 tips menjalani kehamilan kedua sekaligus mengurus si kecil. Semoga sederet rips di atas bisa membantu ya, Moms.

Beri Komentar