Apakah Aman Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan yang Dibakar?

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 16 Juni 2022 11:57
Apakah Aman Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan yang Dibakar?
Moms wajib simak nih!

Selama kehamilan, memang tidak sedikit daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil agar kondisi bayi di kandungan tetap sehat.

Mungkin sebagian dari Moms bertanya-tanya, apakah ibu hamil boleh makan makanan yang dibakar? Simak selengkapnya di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Bakaran?

Ternyata ibu hamil boleh makan bakaran. Moms bisa makan makanan bakaran saat hamil asalkan daging atau ikan apapun jenisnya telah dimasak dengan matang.

Kalau tidak dimasak dengan benar, bakteri atau parasit berbahaya dapat tumbuh. Sementara itu, kondisi dan sistem kekebalan tubuh saat hamil akan menjadi lebih lemah. Moms akan lebih rentan terhadap kemungkinan berbagai penyakit, seperti keracunan makanan, diare, muntah, dan kram perut.

Penyakit-penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri Salmonella, Toxoplasma, E. coli atau Campylobacter yang sering ditemui di dalam daging mentah.

2 dari 5 halaman

Jangan Sampai Gosong!

Resep Ikan Bakar Rica-RicaResep Ikan Bakar Rica-Rica © instagram.com

Melansir jurnal Advances in experimental medicine and biology, memasak makanan pada suhu tinggi hingga gosong bisa menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs) atau karsinogen yang teridentifikasi menyebabkan kanker.

Selain menghasilkan senyawa PAHs yang menyebabkan kanker, makan makanan gosong atau hangus juga menciptakan senyawa berbahaya lain yang disebut heterocyclic amines (HCAs) yang bisa memicu mutasi DNA.

Tentunya, ini sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Bahkan, tidak hanya pada ibu hamil, bahaya ini juga bisa mengancam semua orang.

3 dari 5 halaman

Dalam jurnal Nutrition, para ilmuwan di Polandia menemukan hubungan antara makan bakar-bakaran pada ibu hamil trimester ketiga.

Hal itu berisiko membuat berat badan lahir rendah, bayi lebih pendek, dan lingkar kepala bayi yang lebih kecil dari bayi yang baru lahir lainnya. Itulah kenapa ibu hamil tidak direkomendasikan makan bakar-bakaran hingga gosong

4 dari 5 halaman

Tips Makan Bakaran untuk Ibu Hamil

Oleh karena itu, kalau Moms ingin makan makanan bakar-bakaran, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi PAHs:

  • Memotong makanan dalam jumlah kecil untuk mengurangi waktu memasak.
  • Memasak lebih lama pada suhu yang lebih rendah.
  • Menggunakan foil atau perisai untuk menghindari flare-up.
  • Balik daging sesering mungkin untuk menghindari luka bakar atau hangus.
  • Panggang dalam oven dan finishing sebentar di atas panggangan untuk mendapatkan rasa smoky yang sama.

Beri Komentar