Alat Tes Kehamilan Murah vs Mahal, Apa sih Perbedaannya?

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 3 November 2022 10:30
Alat Tes Kehamilan Murah vs Mahal, Apa sih Perbedaannya?
Buat Moms yang masih bingung, ini nih bedanya.

Saat berusaha hamil, Moms pasti mempersiapkan segalanya dengan baik. Termasuk saat memilih alat tes kehamilan atau test pack, yang digunakan sebagai alat bantu pemeriksaan kehamilan yang pertama.

Ada beragam jenis alat tes kehamilan yang bisa membantu Moms. Berbeda jenis, berbeda pula harganya. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memilihnya? Apakah alat tes kehamilan yang lebih mahal selalu lebih baik daripada yang murah? Apa saja perbedaan?

Langsung simak penjelasannya di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Perbedaan Test Pack Murah vs Mahal

Pada dasarnya semua alat tes kehamilan bekerja dengan cara yang sama. Alat ini akan mengukur kadar human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon kehamilan yang diproduksi oleh plasenta yang ada pada urine. 

Saat digunakan dengan benar, sebagian besar alat tes bisa mengambil hCG dalam urine pada hari pertama periode yang diharapkan. Lalu, apa perbedaannya? 

Beberapa tes kehamilan mungkin lebih sensitif terhadap hCG. Merek tertentu mungkin mengeklaim bahwa mereka bisa memberikan hasil yang akurat lebih cepat. Beberapa jenis alat tes lainnya juga mungkin juga bekerja sedikit lebih cepat, misalnya hanya dalam beberapa detik.

Dalam hal ini, fitur desain juga ikut mempengaruhi harga. Alat tes kehamilan yang terbungkus pegangan plastik cenderung sedikit lebih mahal daripada strip tes kehamilan tanpa pegangan. Selain itu, tampilan digital juga bisa memengaruhi harga sebab bisa menyatakan hasil dengan lebih jelas.

   

2 dari 4 halaman

Test Pack Mahal Lebih Akurat?

Melansir What to Expect, semua alat tes kehamilan yang dilakukan di rumah punya tingkat akurasi hingga 99 persen. Itu sama andalnya dengan tes kehamilan urine yang digunakan di klinik atau rumah sakit.

Kapan waktu tepat untuk menggunakan test pack? Waktu yang terbaik adalah dengan menunggu sampai hari pertama periode dari waktu yang diharapkan. Sebab, menguji terlalu dini sebelum cukup banyak hCG menumpuk di urine hanya akan menyebabkan hasil negatif palsu. Positif palsu juga dapat terjadi, tetapi jarang terjadi.

Mau mahal atau murah, ingatlah bahwa kuncinya terletak pada waktu pemeriksaan yang tepat.

3 dari 4 halaman

Tips Membeli Test Pack

Mengingat secara umum cara kerja alat tes kehamilan yang murah dan mahal sama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih alat tes kehamilan yang tepat.

Pertama, seberapa cepat pengguna ingin melihat hasilnya. Kalau ingin lebih cepat, maka tak ada salahnya untuk membeli yang lebih mahal. Apalagi kalau segera ingin tahu berapa usia kandungan.

Tetapi, kalau anggaran adalah prioritasnya, maka membeli alat tes kehamilan yang lebih murah tak akan mengurangi keakuratan hasil yang diterima.

Terakhir, pastikan untuk memperhatikan tanggal kadaluwarsa pada kemasan alat tes kehamilan sebelum membelinya. Alat tes kehamilan yang kadaluwarsa cenderung memberikan pembacaan yang salah.

Beri Komentar