6 Jenis Ikan Laut yang Punya Manfaat Baik untuk Ibu Hamil

Reporter : Mila
Selasa, 13 Desember 2022 10:57
6 Jenis Ikan Laut yang Punya Manfaat Baik untuk Ibu Hamil
Meski baik, tapi jangan berlebihan konsumsinya ya!

Pada dasarnya, ikan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, untuk beberapa jenis ikan laut mengandung merkuri lebih tinggi dibandingkan ikan jenis air tawar. 

Dengan adanya fakta itu bukan berarti ibu hamil tidak boleh konsumsi ikan laut. Ibu hamil tetap bisa makan ikan laut, hanya saja, Moms perlu memilih jenis ikan laut terbaik yang bebas merkuri.

1 dari 7 halaman

Ikan Tongkol

Ikan laut untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi adalah ikan tongkol. Ikan ini mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, kandungan di atas juga membantu bumil terhindar dari anemia. 

2 dari 7 halaman

Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk rendah kadar merkuri tapi padat nutrisi. Kandungan nutrisi dalam ikan salmon yakni omega 3, protein, mineral, dan vitamin. Nutrisi ini bermanfaat untuk ibu hamil dan janin.

Utamanya adalah kandungan omega 3 yang sudah terkenal baik untuk perkembangan otak janin. Diketahui ikan salmon juga mengurangi risiko kelahiran prematur dan depresi pascamelahirkan.

3 dari 7 halaman

Ikan Sarden

Ikan sarden juga tergolong salah satu jenis yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi, Moms juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebih.

Kandungan pada ikan sarden tidak jauh berbeda dengan ikan tongkol dan salmon. Kalau ingin mengonsumsi dalam bentuk kalengan, pastikan isinya ikan sarden dan bukan ikan makarel.

4 dari 7 halaman

Ikan Teri

Meski ukurannya kecil, tapi ikan teri punya manfaat yang banyak untuk ibu hamil. Ikan teri punya kandungan kalsium yang berguna untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Ikan teri juga kaya akan protein, fosfor, zat besi, vitamin dan mineral yan baik untuk dikonsumsi. Ikan ini cukup rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan.

5 dari 7 halaman

Ikan Kembung

Ikan kembung mengandung vitamin B12 dan fosfor yang baik untuk mendukung kesehatan tulang janin. Tapi, porsi mengonsumsi ikan ini harus dibatasi karena mengandung polutan seperti dioksin dan PCB (polychlorinated biphenyls).

Melansir Made for Mums, ahli nutrisi kehamilan dr. Rana Conway mengatakan cukup mengonsumsi dua porsi ikan kembung dalam seminggu.

6 dari 7 halaman

Ikan Tuna

Selain lezat, ikan tuna juga bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan vitamin B6. 

Kandungan vitamin itu membantu produksi hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Vitamin B6 juga bisa menekan tingkat stres dengan membantu produksi hormon serotonin dan norepineprin saat hamil.

Beri Komentar