Yuk Biasakan, Ini 5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesuburan

Reporter : Mila
Selasa, 6 Desember 2022 10:57
Yuk Biasakan, Ini 5 Manfaat Tidur Siang untuk Kesuburan
Mulai biasakan ya, Moms!

Penting bagi setiap pasangan untuk memperhatikan gaya hidup yang memengaruhi kesuburan, terutama kalau mereka berencana memiliki keturunan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pola tidur sehari-hari. Mulai dari jumlah waktu tidur hingga kebiasaan tidur.

Tidur adalah kebutuhan hidup yang bisa membantu menyegarkan dan memperbaiki sistem otak, mood, dan hormon penting dalam tubuh.

Bukan hanya tidur malam hari, tidur pada siang hari juga bermanfaat untuk kesuburan.

1 dari 6 halaman

Mengurangi Stres

Stres adalah reaksi tubuh saat seseorang mengalami tekanan atau perubahan situasi. Pada perempuan, stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan menstruasi dan memicu gangguan kesuburan.

Dalam kondisi stres, fungsi hipotalamus yang terganggu bisa menyebabkan masalah ovulasi dan berisiko sulit untuk mendapatkan kehamilan. Manfaatkan tidur siang yang cukup untuk mengurasi stres sehingga bisa terhindar dari masalah kesuburan.

2 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi pada perempuan tidak hanya bisa membahayakan kehamilan tapi juga  memengaruhi kesuburan.

Selain itu, obat yang digunakan untuk mengobati darah tinggi juga bisa berdampak pada kesuburan. Perempuan yang hidup dengan tekanan darah tinggi ditemukan lebih sulit untuk hamil.

Menurut penelitian dari Asklepieion General Hospital di Voula, Yunani, tidur siang secara efektif membantu menurunkan darah tinggi seseorang. Tidur siang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan atau kekurangan berat badan akan mengganggu hormon dan mencegah terjadinya ovulasi. Berat badan yang berlebihan atau kurang punya efek samping kesehatan yang cukup luas, termasuk dengan kesuburan.

Banyak orang percaya bahwa tidur siang menambah berat badan. Nyatanya hal itu adalah mitos belaka. Sebaliknya, tidur siang ternyata mampu menurunkan berat badan dan menjaga berat bedan ideal kalau tepat dalam memanfaatnya.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Istilah gangguan autoimun mengacu pada kekeliruan sistem kekebalan tubuh dan menyerang organ-organ yang seharusnya dilindungi.

Melansir studi dalam Journal of Immunology Research, kegagalan autoimun pada organ reproduksi, baik keseluruhan sistem kekebalan atau reaksi sistem kekebalan, yang secara khusus menyerang antigen ovarian bisa mempengaruhi kesuburan.

Tidur di siang hari secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi sel tubuh serta menjaga kesuburan.

5 dari 6 halaman

Lebih Baik dari Kafein

Kafein bisa menyebabkan peningkatan risiko gangguan ovulasi. Kecanduan minum minuman yang berkafein bisa mengganggu kontraksi otot yang membantu sel telur berpindah dari ovarium melalui tuba falopi ke rahim.

Mulailah untuk berhenti mengonsusmi minuman berkafein. Lebih baik, manfaatkan tidur siang untuk meningkatkan kinerja, yang tidak mengganggu kesuburan.

Beri Komentar